• Home »
  • Article »
  • Facia SWM Enduro Generasi Terbaru Kini Tak Lagi Mirip Husqvarna Lawas

Facia SWM Enduro Generasi Terbaru Kini Tak Lagi Mirip Husqvarna Lawas

SWM RS 500 R ala Husqvarna

Bagi kebanyakan orang di Indonesia mungkin SWM (Speedy Working Motorcycles) merupakan brand yang asing. Hal itu memang nggak mengherankan karena brand asal Italia yang berdiri pada tahun 1971 ini gulung tikar setelah 13 tahun beroperasi, persisnya pada tahun 1984. SWM kemudian dihidupkan kembali pada tahun 2014 menggunakan dan dari investor asal China. Bisa dibilang dalam kurun waktu 2014 sampai sekarang ini SWM belum pernah secara resmi masuk ke market Indonesia. Jadi sangat wajar kalau orang Indonesia banyak yang nggak kenal dengan merek SWM.

Dalam pengembangan produknya, SWM sendiri mengambil jalan pintas yang cukup smart. Pada tahun 2013, KTM membeli brand Husqvarna dari BMW. Tapi perlu diingat, KTM hanya membeli brand Husqvarna saja yang terus dipertahankan dan menjadi salah satu penyumbang penjualan KTM Group sampai saat ini. Di sisi lain, pabrik perakitan Husqvarna yang berada di Italia, karyawan, dan berbagai macam hak patent yang dimiliki oleh Husqvarna saat bersama BMW justru dibeli oleh SWM yang mendapatkan backing dari Shineray. Praktis SWM bisa memiliki pabrik perakitan, mesin, desain motor, dan hak-hak patent dalam waktu sekejap karena mereka mengambilnya dari Husqvarna di era BMW. Makanya jangan heran kalau di awal-awal kemunculannya motor-motor enduro milik SWM itu sangat identik dengan milik Husqvarna tahun 2013 ke bawah, baik itu dari segi desain secara keseluruhan, teknologi mesin, hingga sasis. Banyak yang bilang SWM adalah Husqvarna reborn karena tetap mempetahankan desain asli Husqvarna lawas yang terkenal unik, nyentrik, seksi, sekaligus gagah dan keren. Sedangkan Husqvarna di bawah naungan KTM tentu menggunakan desain yang total baru. Sejumlah motor lainnya dibangun sendiri oleh SWM, namun tetap dengan memanfaatkan teknologi mesin dari Husqvarna lawas.

SWM RS 300/500 R Model Year 2019

Sayangnya, identitas Husqvarna pada motor-motor buatan SWM secara perlahan mulai dihilangkan. Sebagai contoh pada motor enduro SWM generasi terbaru model year 2019 seperti RS 125 R, RS 300 R, dan RS 500 R, bentuk lampu utamanya sudah berubah. Nggak lagi seperti lampu Husqvarna lawas. Kalau dulu bentuk lampunya cenderung rounded, sekarang berbentuk mengotak. Mungkin ini menjadi salah satu pertanda kalau SWM ingin lepas dari bayang-bayang Husqvarna dan memiliki identitas sendiri. Bukan rahasia lagi, salah satu kunci identitas motor trail adalah bentuk headlight. KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, Gas Gas, Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dan lain-lain punya ciri khas tersendiri di bagian headlight. Meskipun demikian, bagian-bagian lain dari motor SWM masih sama kok dengan Husqvarna lawas!

Sejauh ini masih belum ada perusahaan yang mau memasukkan SWM ke Indonesia. Padahal produk yang dimiliki oleh SWM lumayan banyak dan lengkap. Di segmen motor enduro ada RS 125 R, RS 300 R, dan RS 500 R, kemudian motor adventure mereka punya SuperDual yang pakai mesin 600 cc satu silinder. Mau tipe street bike juga banyak macemnya. Apalagi dengan backup investor dari China, harga produk yang ditawarkan oleh SWM tergolong murah. At least kalau dibandingkan dengan brand-brand besar Eropa macam KTM, Husqvarna, Sherco, dan lain-lain. So buat temen-temen yang punya modal nggak ada salahnya tuh coba jadi distributor resmi SWM di Indonesia. Hehehe…

Advertisements