AHM Resmi Boyong Honda X-ADV ke Indonesia, Harga Mulai Rp 435 Juta

Setelah dipamerkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018, Astra Honda Motor (AHM) akhirnya meluncurkan motor skuter petualang Honda X-ADV di IIMS 2019. Jadi motor petualang yang punya desain keren, gahar, mesin canggih, punya segudang teknologi, dan pastinya nyaman ini sudah bisa dipesan melalui 11 jaringan dealer Honda Big Wing yang tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Itu berarti pula AHM punya semakin banyak lineup motor petualang yang ditujukan untuk berbagai macam kebutuhan. Sebelumnya mereka punya CRF150L, CRF250RALLY, CRF1000L Africa Twin, dan CB500X. Terus berapa sih harga X-ADV?

Menurut saya X-ADV memang tergolong sebagai motor yang unik unik. Wujud keseluruhan seperti motor skuter, namun memiliki aura adventure yang sangat kental. Lekuk-lekuk desain tajam X-ADV tergolong mirip dengan Africa Twin karena keduanya sama-sama dirancang di pusat riset Honda Eropa, persisnya di Italia. Sejumlah komponen yang terpasang seperti suspensi depan model upside down dengan travel suspension lumayan tinggi, suspensi belakang mono shock dengan linkage Pro-Link, terdapat windshield yang bisa disetel tingkat ketinggiannya secara elektronik, dan pakai tapered handlebar lengkap dengan hand guard semakin memberikan kesan adventure pada motor ini.

Nggak bisa disanggah lagi X-ADV mengusung teknologi yang sangat tinggi. Di sektor mesin misalnya, X-ADV pakai mesin 745 cc dua silinder dengan sistem DCT (Dual Clutch Transmission). Teknologi ini sebenarnya sudah terpasang di sejumlah motor Honda lainnya seperti NM4 Vultus, Africa Twin, Gold Wing, dan lain-lain. Jadi mesin tetap punya gearbox seperti mesin konvensional, hanya saja perpindahan gigi bisa dilakukan secara otomatis. Beda dengan skuter biasa yang mengandalkan sistem CVT (Continous Variable Transmission), tanpa gearbox dan tanpa gigi, sehingga skuter biasa memang tidak ada perpindahan gigi. Kalau pengendara ingin melakukan perpindahan gigi secara manual pun tetap bisa. Tapi tentu saja perpindahan gigi itu dilakukan tanpa kopling manual karena Honda tidak menyediakan tuas kopling di X-ADV.

Masih belum puas dengan teknologi mesin X-ADV? Well… Mesin X-ADV menyediakan dua opsi riding mode: Drive (D) dan S (Sport). Mode D umumnya dipilih ketika motor dipakai riding di jalanan perkotaan. Kemudian Mode S bisa dipakai ketika rider ingin motornya lebih agresif dengan kecepatan tinggi. Oh ya, Mode S ini kembali dibagi lagi ke dalam tiga mode tambahan, yaitu Standard, Sport 1, dan Sport 2. Di samping itu X-ADV punya tombol traction control (Honda Selectable Torque Control/HSTC) dalam dua level. Rider bisa memilih level traction/torque control sesuai dengan kondisi jalan.

Fitur-fitur canggih lainnya yang ada di X-ADV seperti windshield yang ketinggiannya bisa diatur secara elektronik dalam lima level ketinggian, lampu pakai LED sehingga terlihat futuristis, rem ABS sudah jadi fitur standar, dilengkapi Honda Smart Key System yang membuat motor aman dari pencurian, konsol dashboard berupa layar LED berukuran besar hingga colokan pengisi daya 12 volt untuk HP/GPS pun tersedia. Kapasitas bagasi X-ADV sendiri mencapai 21 liter yang mampu menyimpan satu helm full face dengan gaya adventure dan kapasitas tangki bahan bakarnya 13 liter. Ya cukup lah buat jalan 200 km dalam satu kali pengisian bahan bakar.

Menurut informasi resmi dari AHM, Honda X-ADV di Indonesia tersedia dalam empat pilihan warna, antara lain Grand Prix Red, Mat Pearl Glare White, Mat Blue Silver, dan Mat Moonstone Silver Metallic. Bandrol harganya lumayan ngeri, tapi masih lebih murah ketimbang Africa Twin kok. Di Jakarta, X-ADV dilabeli dengan harga mulai dari Rp 435 juta sampai dengan Rp 450 juta on the road. Kalau pembeli punya NPWP harganya bisa lebih murah, sedangkan yang nggak punya NPWP bakal lebih mahal. Selain itu harga juga tergantung dari pajak progresif kalau nggak salah ya… Intinya sih harga variatif tergantung profile konsumen. Tertarik? Langsung aja pesan di showroom Honda Big Wing terdekat di kotamu!

Advertisements