• Home »
  • Article »
  • Bocoran KLX230R: Mesin 233 cc, Sistem Injeksi, dan Power Tembus 20 HP

Bocoran KLX230R: Mesin 233 cc, Sistem Injeksi, dan Power Tembus 20 HP

Kabar kehadiran Kawasaki KLX230R di Indonesia bukan omong kosong belaka dan hanya menunggu waktu yang mungkin nggak akan lama lagi. Kenapa? Karena salah satu media otomotif ternama di Indonesia, Motorplus, malah sudah mendapatkan foto KLX230R. Ya fotonya memang hanya secuil, menangkap di bagian shroud sebelah kanan. Tapi dari foto itu kita sudah bisa mendapatkan gambaran bahwa motor trail baru Kawasaki bernama KLX230R. Nama KLX230R terpampang dengan jelas di foto itu. Sekarang saya ingin membahas mengenai sejumlah bocoran tentang KLX230R. Tentu bocorannya punya akurasi tinggi. Check this out!

Sampai sekarang belum diketahui secara pasti di mana basis produksi KLX230R. Apakah di Indonesia atau di negara lain. Tapi ada satu hal yang cukup menarik, KLX230R nggak cuma dijual di Indonesia, tapi juga akan dijual di Amerika Serikat sebagai motor off-road tulen yang mengisi gap antara KLX140 dan motocross KX250F (sumber: Motorcycle.com). Di Amerika Serikat, Kawasaki punya KLX250S yang secara segmen persis di atas KLX230R, namun KLX250S itu motor dual sport murni, bukan motor off-road. So, sebagai motor off-road tulen, di Amerika Serikat KLX230R bakal bersaing langsung dengan Honda CRF230F dan Yamaha TT-R230.

Nah, dari Amerika Serikat ini pula muncul sejumlah bocoran mengenai KLX230R. Ternyata Kawasaki sudah mengajukan uji emisi KLX230R ke California Air Resources Board (CARB) dan motor ini sudah mendapatkan green sticker yang berarti pula motor off-road ini legal digunakan di jalan raya karena comply dengan berbagai macam regulasi emisi yang berlaku di Amerika Serikat. Berdasarkan dokumen CARB, diketahui bahwa KLX230R akan menggendong mesin berkapasitas 233 cc dan mengandalkan sistem pembakaran injeksi. Sejauh ini kita nggak tahu apakah KLX230R pakai mesin SOHC atau DOHC. Tapi kalau mau berasumsi, KLX230R punya peluang yang sangat besar memakai mesin SOHC 4-tak 2-klep berpendingin udara. Teknologinya mirip-mirip dengan CRF230F dan TT-R230. Masih berdasarkan dokumen CARB, mesin 233 cc milik KLX230R sanggup memuntahkan tenaga sebesar 15 kW atau setara dengan 20,1 HP. Wah udah lebih dari cukup nih buat off-road adventure! Selain itu, KLX230R dipersiapkan untuk tahun 2020 di Amerika Serikat.

Kurang lebih seperti itu bocorannya. Dokumen CARB hanya berbicara kapasitas mesin, sistem pembakaran, dan power maksimal KLX230R. Dan yang pasti motor ini comply dengan regulasi emisi di Negara Bagian California. Kalau nggak salah setara dengan Euro 4. Hal-hal lain masih belum diketahui. Tapi dari foto yang dikeluarkan oleh Motorplus, hampir bisa dipastikan KLX230R menggunakan sasis yang cukup mirip dengan KLX150. Oh ya, kalau di Amerika Serikat KLX230R dipasang sebagai motor off-road tulen, bagaimana dengan di Indonesia? Saya yakin secara spesifikasi KLX230R versi Indonesia nggak akan jauh beda dengan versi Amerika Serikat. Bedanya kalau di Amerika Serikat adalah motor off-road tulen yang tanpa lampu-lampu, KLX230R di Indonesia bakal menjelma sebagai motor dual sport yang punya lampu-lampu, konsol speedometer, holder plat nomor polisi, kaca spion, dan pakai ban dual purpose seperti halnya KLX150 sehingga motor legal dipakai di jalan raya. Mau buat off-road? Ya tinggal copot aja berbagai perlengkapan yang menggangu itu!

Advertisements