Motor Trail Baru Kawasaki Bernama KLX230R, Spy Shot Sudah Nongol!

Setelah cukup lama dinantikan tanpa ada kepastian, akhirnya foto sosok motor trail baru Kawasaki yang sempat dihembuskan kabarnya menggunakan mesin 230 cc mulai menampakkan diri. Dalam sebuah foto yang didapatkan oleh Motorplus, tertulis sangat gamblang di body motor bahwa motor trail baru Kawasaki Motor Indonesia itu bernama KLX230R. Embel-embel huruf “R” di belakang nama KLX230 ini menurut saya cukup menarik karena bukan mustahil KLX230R masih satu aliran dengan KLX450R yang notabene motor enduro. Meskipun demikian, saya juga optimis KLX230R adalah motor trail/enduro yang street legal alias bisa dipakai di jalan raya. Terus kapan KLX230R dirilis?

Yups… Foto KLX230R yang nongol memang baru sebatas body samping, persisnya bagian shroud. Tapi ini sudah cukup bisa menggambarkan kalau Kawasaki benar-benar akan meluncurkan motor trail 230 cc. Kabarnya sih KLX230R mengusung mesin yang masih sederhana berupa mesin SOHC 4-tak dengan dua buah klep dan berpendingin udara. Namun bukan berarti KLX230R merupakan versi bore up dari KLX150. Kenapa? Karena bakal ada banyak perbedaan di sektor mesin dibandingkan dengan KLX150. Apalagi KLX230R sudah pakai sistem pembakaran injeksi, sedangkan KLX150 masih pakai karburator.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti kapan KLX230R akan dirilis ke pasaran. Yang jelas dalam waktu dekat dan pasti tahun ini. Bisa saja di hari-hari terakhir Indonesia International Motor Show (IIMS), di Gaikindo Indonesia International Show (GIIAS), atau malah di Kawasaki Bike Week 2019. Tentu KLX230R mengisi segmen yang masih melompong antara KLX150 dan KLX250S. Asyiknya buat Kawasaki, KLX230R nggak ada pesaing di pasar Indonesia. Kalaupun ada seperti Honda CRF230F atau Yamaha TT-R230, itu bukan barang ATPM resmi, melainkan barang yang dimasukkan oleh para importir umum dengan bandrol harga sangat mahal.

Advertisements