Penta Jaya Resmi Jual Motor Dirt Bike & Big Bike KTM di Indonesia

Sebelumnya memang sangat santer terdengar kabar PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang menjadi distributor street bike KTM di bawah 400 cc seperti KTM 200/250/390 Duke dan KTM RC 200/250/390 juga akan melebarkan sayapnya dengan menjual dirt bike dan big bike KTM. Bahkan daftar harga dirt bike KTM versi Penta Jaya sudah pernah saya posting di blog ini. Salah satu sumber internal KTM Penta Jaya sekitar pertengahan Maret 2019 yang lalu bilang kepada saya bahwa langkah yang diambil oleh KTM Penta Jaya itu masih dalam proses. Sekarang di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, KTM Penta Jaya secara resmi mengumumkan akan menjual dirt bike dan big bike KTM. Jadi udah positif ya guys!!

Soal jaringan dealer KTM Penta Jaya yang juga akan menjual dirt bike dan big bike itu diumumkan oleh Presiden Direktur Penta Jaya Laju Motor Pak Kristianto Goenadi di IIMS 2019. Imbasnya, penggemar dirt bike dan big bike Indonesia sekarang bisa dengan mudah mendapatkan produk KTM karena secara otomatis jaringan dealer KTM all variant mendadak jadi semakin banyak. Seperti diketahui, sejak beberapa tahun yang lalu KTM Austria menunjuk dua distributor untuk operasinya di Indonesia. Distributor pertama adalah PT Penta Jaya Laju Motor yang mendapatkan hak menjual seluruh motor KTM yang diproduksi di India. Artinya semua motor yang dijual oleh KTM Penta Jaya adalah street bike dengan kapasitas mesin di bawah 400 cc. Kemudian distributor yang kedua adalah PT Jaya Selaras Sejahtera (JSS) dengan hak menjual semua motor KTM yang diproduksi di Austria, dalam hal ini adalah semua varian dirt bike dan big bike. Kalau saya nggak salah info, sekarang ini kiprah PT Jaya Selaras Sejahtera dilanjutkan oleh PT Premium Motorindo Abadi. Selain berhak menjual dirt bike dan big bike KTM, PT Premium Motorindo Abadi juga menjadi distributor resmi anak perusahaan KTM, yaitu Husqvarna. Kebetulan di IIMS 2019 booth KTM milik Penta Jaya Laju Motor dan Premium Motorindo Abadi berdampingan. Mereka nggak saling sikut, tapi justru sama-sama membangun brand KTM di Indonesia.

Terus salah satu hal yang bikin saya penasaran adalah dari mana KTM Penta Jaya mendapatkan dirt bike dan big bike KTM? Sampai sekarang saya memang belum mendapatkan informasi resmi. Tapi kalau melihat distributor KTM tetap ada dua, saya menduga unit dirt bike dan big bike KTM Penta Jaya berasal dari PT Premium Motorindo Abadi, bukan mengimpor langsung dari KTM Austria. Nanti tinggal gantian aja, jaringan dealer KTM Premium Motorindo Abadi tinggal mengambil street bike di bawah 400 cc dari KTM Penta Jaya. Klop kan? Dengan begitu nggak ada lagi cluster-cluster dealer resmi KTM, yang satu cuma jualan produk ini, yang satu cuma jualan produk itu. Nggak ada lagi seperti itu. Mungkin ke depan semua dealer KTM ya menjual seluruh varian produk KTM, mulai dari kapasitas kecil sampai yang besar, mulai dari street bike, dirt bike, hingga big bike. Mereka bersatu-padu mengembangkan brand KTM, meskipun dalam kenyataannya tetap ada dua distributor yang bermain di Indonesia.

Oh ya… Untuk dirt bike, KTM Penta Jaya dipastikan akan menjual seluruh varian enduro dan motocross, sedangkan big bike belum ada info yang cukup gamblang. Maklum pasokan big bike KTM dari Austria ke Indonesia itu nggak banyak mengingat kapasitas produksi yang terbatas dan unit disebarkan ke seluruh dunia. Tapi Pak Kris bilang salah satu big bike yang bisa dinantikan datang dalam waktu dekat adalah KTM 790 Adventure, sebuah motor petualang berdesain radikal dan dilengkapi dengan mesin dua silinder sejajar. So, mungkin nggak akan lama lagi lah dirt bike dan big bike KTM bisa ditampilkan di seluruh showroom KTM Indonesia. Next project bagi KTM Penta Jaya adalah menjual motor-motor Husqvarna berdampingan dengan produk KTM.

Advertisements