• Home »
  • Article »
  • Kawasaki KLX230R Bakal Tersedia Versi Supermoto, Dirilis di PRJ 2019?

Kawasaki KLX230R Bakal Tersedia Versi Supermoto, Dirilis di PRJ 2019?

Kabar bagus buat para penggemar motor trail karena pada tahun ini Kawasaki Motor Indonesia hampir bisa dipastikan meluncurkan motor trail baru bernama KLX230R. Embel-embel “R” di belakang KLX230 cukup mengindikasikan bahwa motor ini tergolong sebagai motor trail yang secara performa lebih oke dibandingkan dengan seri “S” dan spec lebih berorientasi off-road/enduro seperti kakaknya, KLX450R. Ternyata, kabar baik ini nggak cuma berlaku bagi kalangan penggemar motor trail off-road. Kenapa? Karena sudah ada selentingan kabar yang cukup valid bahwa Kawasaki juga akan merilis versi supermoto dari KLX230R. Untuk sementara waktu mungkin bisa kita sebut dengan D-Tracker 230 ya! Namanya supermoto pastilah menggunakan ban tipe street ring 17 inch tapak lebar baik di depan maupun belakang. Spec lainnya kurang lebih mirip dengan versi trail. Kalaupun ada perbedaan lain itu minor banget seperti bodywork.

Mengenai spesifikasi sudah sering dibocorkan di blog ini, KLX230R mengusung mesin SOHC 4-tak dengan dua klep berkapasitas 233 cc. Mesin ini masih mengandalkan sistem pendingin angin sepoi-sepoi ya guys, belum pakai radiator. Tapi menariknya mesin KLX230R sudah pakai sistem pembakaran injeksi. Menurut saya ini bagus karena penyaluran bahan bakar ke mesin menjadi lebih presisi sehingga performa yahud, konsumsi bahan bakar juga lebih irit. Bagi yang nggak puas dengan performa standar KLX230R nggak perlu khawatir karena nggak lama setelah motor ini dirilis pasti banyak pihak ketiga yang membuat performance part, termasuk ECU racing yang membuat kalian lebih leluasa menaikkan performa mesin. Oh ya, secara standar KLX230R memiliki tenaga sebesar 20 HP.

Nah… Melihat momen yang ada, sangat logis kalau kita menebak KLX230R kemungkinan besar akan diluncurkan di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019 atau yang biasa kita kenal dengan istilah Pekan Raya Jakarta (PRJ). Kapan? Pertengahan tahun ini! Apalagi salah satu media otomotif ternama di Indonesia, Motorplus, sudah mendapatkan dan menyebarkan foto sosok KLX230R meskipun belum dalam wujud utuh, jadi mestinya unit KLX230R sudah sangat siap diluncurkan ke pasaran. Ngomong-ngomong soal harga memang belum ada bocoran. Tapi mestinya KLX230R mengisi celah kosong antara KLX150 yang harganya Rp 30 jutaan dan KLX250S di angka Rp 60 jutaan. So, bukan mustahil KLX230R bakal dibandrol di rentang harga Rp 40-50 juta!

Advertisements