Manuel Lettenbichler Raih Gelar Juara Machete Hard Enduro 2019

Republik Dominika setiap tahun menggelar kompetisi hard enduro bernama Machete Hard Enduro. Untuk memeriahkan Machete Hard Enduro, negara di Karibia yang terkenal dengan wisata pantainya ini selalu konsisten mengundang para atlet hard enduro ternama di dunia. Pada edisi 2019 mereka mengundang rider-rider top dunia seperti Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing), Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing), Manuel Lettenbichler (privateer KTM), serta duo rider Sherco Factory Racing, yaitu Mario Roman dan Wade Young. Siapa yang menang?

Yups… Nama pembalap tim privaater KTM asal Jerman, Manuel Lettenbichler, memang sedang naik daun. Setelah sukses meraih juara kedua pada kompetisi World Enduro Super Series (WESS) 2018, Letty masih terus menunjukkan tajinya. Meskipun doi bukan pembalap tim factory, namun nyatanya kemampuan Letty tidak bisa dianggap sebelah mata karena sanggup mengalahkan pembalap-pembalap tim factory seperti Graham Jarvis, Jonny Walker, Mario Roman, dan Wade Young di Machete Hard Enduro 2019. Letty menyentuh garis finish pertama kali di main race dengan selisih 10 menit dari Jonny Walker yang berada di podium kedua. Podium ketiga kemudian diisi oleh Mario Roman. Memang betul Letty sukses finish 10 menit lebih awal dibandingkan dengan Jonny Walker. Tapi kemenangan ini mungkin nggak akan didapatkan seandainya pimpinan lomba saat lap terakhir, Graham Jarvis, tidak mengalami cidera bahu.

Start Machete Hard Enduro 2019 dilakukan di Playa Dorada (Puerto Plata), di mana semua rider diarahkan keluar kota menuju titik start off-road. Panitia menyediakan jalur off-road sejauh 25 km dengan total empat lap. Jadi semua pembalap harus menempuh jarak total 100 km dalam kompetisi ini. Bagi Letty pastinya nggak mudah mendapatkan kemenangan di Machete Hard Enduro 2019 dengan kondisi cuaca panas dan lembab. Begitu bendera start dikibarkan, Wade Young yang justru menjadi pimpinan lomba. Namun Wade Young melakukan kesalahan navigasi dan melewatkan salah satu check point, doi harus didiskualifikasi dari lomba. Setelah itu barulah Letty mengambil alih pimpinan lomba hingga Graham Jarvis yang punya ritme sangat bagus di atas mesin Husqvarna sukses mendahului Letty. Jarvis sepertinya akan menjadi pemenang karena sukses meninggalkan Letty cukup jauh. Sayangnya pada akhir lap ketiga Jaris menyerah lantaran dia merasakan sakit luar biasa pada bahunya. Beruntung raja hard enduro ini nggak mengalami cidera parah. Cidera Graham Jarvis secara tidak langsung memberikan keuntungan bagi Letty untuk menyentuh garis finish pertama kali, disusul oleh Jonny Walker kedua. Mario Roman yang membuang banyak waktu akibat masalah teknis pada motor sukses masuk podium ketiga. Congrats!

Advertisements