Terungkap Fakta Kawasaki KLX230R Adalah Motor Off-Road Tulen!

Belakangan saya banyak membahas mengenai calon motor trail baru Kawasaki yang disinyalir punya nama KLX230R. Awalnya saya menduga KLX230R diposisikan di Indonesia sebagai motor trail dual sport yang dilengkapi dengan lampu-lampu dan berbagai macam komponen kelengkapan jalan raya lainnya sehingga menjadi motor trail yang legal dipakai di jalan raya. Tapi sepertinya prediksi itu agak meleset nih guys. Terus gimana kelanjutan KLX230R?

Embel-embel “R” di belakang nama KLX230 mengindikasikan bahwa motor ini punya performa yang lebih baik di medan off-road ketimbang seri “S” yang tersemat di KLX150 atau KLX250. Artinya KLX230R sangat mungkin masuk sebagai motor off-road atau enduro tulen dan menjadi adik bagi KLX450R. Hal itu diperkuat dengan foto yang dipublikasikan oleh Motorplus di mana KLX230R punya penampilan yang agresif layaknya motor off-road tulen, tanpa lampu-lampu, dan tentunya nggak legal dipakai di jalan raya. Menurut saya penampilan KLX230R ada sedikit kemiripan dengan motor off-road KLX140G yang juga dijual di Indonesia dalam bentuk off the road.

Mengenai sasis, bisa dipastikan KLX230R mengandalkan sasis yang mirip dengan KLX140G ataupun KLX150. Tentu saja sasis ini sudah disesuaikan agar bisa mengadopsi mesin 233 cc yang sanggup memuntahkan tenaga sekitar 20,1 HP. Kemudian uniknya suspensi depan juga masih teleskopik seperti di KLX140G, pakai ban off-road 18-21 inch, dan footpegs bergerigi. Detail lainnya masih belum jelas. Tapi kalau diciptakan sebagai motor off-road tulen kemungkinan KLX230R menggunakan swing arm aluminium. Terus rem depan-belakang sudah pasti pakai model cakram ya.

Oh ya, kabarnya KLX230R diproduksi di pabrik Kawasaki Motor Indonesia dan akan dijual sebagai produk global. Negara lain selain Indonesia yang dipastikan akan menjual KLX230R adalah Amerika Serikat. Hal itu diketahui dari dokumen yang sudah dimasukkan oleh Kawasaki ke California Air Resources Board (CARB) di mana motor yang satu ini sudah sukses mendapatkan green label. Artinya walaupun KLX230R adalah motor off-road tulen tapi comply dengan regulasi emisi di California yang terkenal ketat. Mungkin sistem pembakaran injeksi pada mesin KLX230R punya andil yang sangat besar agar motor ini lulus uji emisi di CARB.

Last… Dengan kepastian KLX230R diciptakan sebagai motor off-road tulen, sekarang jadi agak kabur nih apakah Kawasaki Motor Indonesia juga akan menjualnya sebagai motor dual sport dan supermoto yang legal dipakai di jalan raya. Tapi paling nggak kabar ini menggembirakan bagi kalangan penggemar off-road. Mereka bisa mendapatkan motor off-road 230 cc dengan harga rasional karena motor-motor lain seperti Honda CRF230F dan Yamaha TT-R230 yang masuk lewat importir umum harganya kelewat mahal.

Advertisements