• Home »
  • Article »
  • Tinggalkan Karburator, Husky TX 300 Versi 2020 Ikutan Pakai Sistem Injeksi

Tinggalkan Karburator, Husky TX 300 Versi 2020 Ikutan Pakai Sistem Injeksi

Perlahan namun pasti sejumlah pabrikan dirt bike mulai meninggalkan sistem pembakaran karburator pada produknya dan beralih ke sistem pembakaran injeksi. Hal itu nggak cuma berlaku pada mesin 4-tak, tapi juga pada mesin 2-tak. KTM mulai menginjeksikan motor enduro 2-tak sejak tahun 2017 pada sejumlah model seperti KTM 250 EXC TPI, KTM 300 EXC TPI, dan KTM 250 XC-W TPI model year 2018. Langkah ini kemudian diikuti oleh Husqvarna yang menerapkan sistem pembakaran injeksi pada motor enduro 2-tak Husky TE 250i dan Husky TE 300i model year 2018 pada tahun yang sama. Dua tahun berselang, persisnya tahun 2019 ini, KTM memasang teknologi injeksi pada motor cross-country 2-tak KTM 250 XC TPI dan KTM 300 XC TPI model year 2020. Nggak mau ketinggalan dengan KTM, Husky pun ikut-ikutan menginjeksikan motor cross-country 2-tak Husky TX 300i model year 2020!

Sudah bukan rahasia lagi, Husky merupakan anak perusahaan KTM. Kedua brand ini saling berbagi platform pada produknya, sehingga teknologi terbaru yang ada di KTM hampir bisa dipastikan juga akan diterapkan di produk Husky. Makanya ketika KTM menerapkan sistem injeksi di sejumlah produk dirt bike, Husky pun melakukan hal serupa di tahun yang sama. Bahkan peluncuran atau pengumuman produk baru KTM dan Husqvarna selalu dilakukan dalam waktu yang sangat berdekatan. Kalau produk Husky laris di pasaran, KTM tentu ikut menikmati hasilnya karena kalau nggak salah 100% saham Husky dikuasai oleh KTM Group.

Balik ke Husky TX 300i generasi terbaru model year 2020… Bisa dibilang ini adalah motor dengan genre cross-country, cukup identik dengan KTM 250/300 XC TPI, yang dibangun menggunakan basis motocross Husky TC 300 yang dibekali dengan tangki bahan bakar lebih besar untuk mengadopsi kebutuhan balap cross-country maupun off-road, ban belakang 18 inch (Husky TC 300 pakai ban belakang 19 inch), dan tentunya pada versi cross-country punya power delivery yang berbeda dengan keunggulan di sektor torsi yang lebih besar dibandingkan dengan versi motocross. Secara penampilan fisik pun motor cross-country hampir nggak ada bedanya dengan motocross. Sama-sama nggak dilengkapi dengan lampu-lampu dan berbagai macam kelengkapan lain yang biasanya ada di motor enduro. Di Indonesia ataupun di Eropa, motor cross-country kurang begitu populer. Popularitas terbesar motor cross-country justru ada di Amerika Serikat yang biasanya dipakai untuk balap Grand National Cross-Country (GNCC). Motor ini juga lumayan cocok sih buat dipakai off-road dengan karakter rider yang kencang dan agresif.

So, dengan kehadiran Husky TX 300i model year 2020 maka motor 2-tak Husky yang menggunakan sistem pembakaran injeksi totalnya ada tiga varian, termasuk Husky TE 250i dan Husky TE 300i yang sudah lebih dahulu dirilis ke pasaran. Kira-kira kapan masuk ke Indonesia? Jumlah motor Husky TX series yang masuk ke Indonesia biasanya nggak banyak sih guys… Misal motor ini benar masuk ke Tanah Air, kemungkinan besar ya akhir tahun 2019 atau awal tahun 2020 lah. Kebanyakan motor off-road Husky yang masuk ke Indonesia itu seri enduro tulen seperti TE dan FE series, sedangkan seri cross-country TX dan FX populasinya cukup jarang.

Advertisements