Patut Diduga KLX230R Adalah KLX140G yang Diganti Mesin 233 cc

Salah satu motor trail yang lagi hot-hotnya bakal dijual di Indonesia adalah Kawasaki KLX230R. Ya mungkin peluncuran KLX230R di Indonesia tinggal menunggu waktu saja. Apalagi sejumlah foto sosok motor yang satu ini sudah sempat dipublikasikan oleh media otomotif ternama di Indonesia, Motorplus, meskipun fotonya belum gamblang 100%. Foto yang dipublikasikan pertama hanya bagian shroud sebelah kanan, kemudian muncul lagi foto KLX230R nyaris utuh. Kalau melihat lantainya, sepertinya KLX230R itu sudah ada di gudang milik Kawasaki Motor Indonesia.

Nah… Dari foto yang dirilis oleh Motorplus, sebenarnya kita sudah bisa menerka 70-80% sosok dari KLX230R yang diyakini diciptakan oleh Kawasaki sebagai motor off-road tulen. Temen-temen bisa lihat di foto, KLX230R nggak dilengkapi dengan lampu-lampu, tanpa konsol speedometer, tanpa plate holder, dan tanpa kaca spion. Ini sudah bisa jadi indikasi bahwa KLX230R adalah 100% motor off-road yang nggak bisa dipakai di jalan raya. Pada case motor yang lebih kecil kurang lebih konsepnya sama dengan KLX140G yang merupakan versi off-road dari KLX150. Bahkan kalau dugaan saya mengatakan KLX230R merupakan KLX140G yang diganti mesin berkapasitas 233 cc. Kok bisa?

Melihat fisiknya yang brondol, saya lebih suka membandingkan KLX230R dengan KLX140G karena lebih apple-to-apple, sama-sama motor off-road, dan punya banyak kesamaan. Contoh pertama di bagian sasis… Kalau diperhatikan, menurut saya bentuk sasis KLX230R nggak ada bedanya dengan KLX140G. Ini terawangan dari sudut foto yang belum begitu detail ya. Mengenai dimensinya sama atau nggak tentu belum ketahuan. Yang jelas dari segi penampilan fisik terlihat identik. Kemudian suspensi depan KLX230R masih mengandalkan model teleskopik yang lagi-lagi identik dengan KLX140G. Bahkan diameter suspensinya pun terlihat mirip. Ban, velg, footpegs, dan bentuk stang saya rasa sama antara KLX230R dan KLX140G. Bentuk papan nomor start belum kelihatan apakah sama atau beda. Untuk swing arm kok saya mencium aroma yang sama dengan milik KLX140G ya? Berarti pakai swing arm aluminium yang berbobot enteng itu? Suspensi belakang gimana? Apakah pakai suspensi mono shock dengan piggyback reservoir yang sama dengan KLX140G? Hmmm…

Terus apa yang beda antara KLX230R dan KLX140G? Menurut saya desain bodywork lumayan berbeda. Lalu skema warna yang digunakan beda. KLX230R lebih dominan warna lime green yang dipadukan dengan warna putih pada sekujur bodywork, dipadukan dengan jok warna hitam polos. Di sisi lain bodywork KLX140G merupakan kombinasi antara warna lime green, hitam, dan putih dengan jok juga kombinasi antara warna lime green dan hitam. Kemudian bentuk knalpot jelas sekali sangat berbeda. Mesin? Ya pastilah beda… KLX230R pakai mesin 233 cc plus sistem pembakaran injeksi yang mampu memuntahkan tenaga 20,1 HP sementara KLX140G masih mengandalkan mesin 144 cc karburator.

Untuk terawangan sementara berdasarkan foto yang baru 70% sih itu tadi ya guys… Misal beneran KLX230R dibangun dari basis KLX140G (hanya diganti mesin dan sejumlah penyesuaian lain), saya kok optimis banget motor ini bakal punya bobot yang sangat enteng. KLX140G saja bobotnya cuma 99 kg, kalau KLX230R apes-apesnya bobot 105 kg kan sudah enteng banget ya? Jelas ini kabar yang bagus banget buat para penggemar off-road yang pastinya demen dengan motor enteng. Satu hal lagi yang bikin penasaran tentu adalah harga. Sekarang KLX140G dijual di Indonesia dengan bandrol sekitar Rp 36,5 juta off the road. Kira-kira KLX230R yang mungkin cuma beda signifikan di mesinnya bakal dibandrol berapa ya? Sporadis juga kalau Kawasaki Motor Indonesia bisa mematok harga di bawah Rp 50 juta. Pasti laris-manis di kalangan penggemar off-road. Motor enteng, nggak perlu bore up untuk menaikkan tenaga, brand ternama, sasis dan suspensi terkenal nyaman… Kurang apa lagi coba? Paling-paling cuma butuh ganti knalpot free flow biar tenaga legih plong, ganti ECU untuk menyesuaikan penggantian knalpot agar mesin mendapatkan suplai bahan bakar dan udara lebih banyak, serta yang terakhir menurut saya yang perlu diganti adalah stang meskipun nggak terlalu mendesak. So, kita tunggu aja deh detail spesifikasi dan harga KLX230R saat diluncurkan nanti!

Advertisements