• Home »
  • Article »
  • Resmi… Dua Distributor KTM di Indonesia Akur, Konsumen Diuntungkan!

Resmi… Dua Distributor KTM di Indonesia Akur, Konsumen Diuntungkan!

Sejak beberapa tahun terakhir ini di Indonesia ada dua distributor resmi KTM. Agak aneh memang, dalam satu wilayah negara ada dua distributor dan keduanya sama-sama distributor resmi. Tapi mereka menjual varian motor yagn berbeda guys… Pertama adalah PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM) yang khusus menjual produk KTM yang diproduksi di India. Itu berarti street bike dengan kapasitas mesin di bawah 400 cc, antara lain KTM 200/250/390 Duke dan KTM RC 200/250/390. Kemudian distributor resmi yang kedua adalah PT Premium Motorindo Abadi (dulu PT Jaya Selaras Sejahtera) yang fokus menjual seluruh produk KTM buatan Austria yang berarti seluruh produk dengan aliran dirt bike dan street bike bermesin di atas 400 cc. Jadi kurang lebih hampir tiga tahun terakhir konsumen agak dibuat bingung karena saat ingin membeli produk KTM tidak bisa sembarangan masuk ke dealer. Pengen beli street bike murah di bawah 400 cc tapi masuk ke jaringan dealer PT Premium Motorindo Abadi jelas nggak ada. Begitu pula sebaliknya, ketika mencari motor tipe motocross, enduro, cross-country, atau big bike di jaringan showroom PT Penta Jaya Laju Motor ya nihil. Tapi tenang, sekarang dua distributor resmi ini sudah akur dengan mengusung konsep “Unity of KTM”. Maksudnya gimana mas?

Jadi gini, terhitung mulai hari pertama Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019, persisnya 25 April 2019, kedua distributor resmi KTM ini memutuskan untuk bersatu dalam mengembangkan brand KTM di Indonesia. Paling gampang terlihat di booth KTM yang berdampingan antara produk street bike under 400 cc dengan dirt bike, padahal keduanya diusung oleh dua distributor yang berbeda. Terus? Terus? Terus?? Yups, mulai 25 April 2019 itu pula jaringan dealer KTM PT Penta Jaya Laju Motor yang totalnya kalau nggak salah ada 25 dealer di seluruh Indonesia mulai memasarkan dirt bike dan big bike untuk mendampingi street bike di bawah 400 cc yang sudah lebih dulu dijual. Kemudian jaringan dealer PT Premium Motorindo Abadi yang awalnya spesialis menjual dirt bike dan big bike bakal menyediakan street bike di bawah 400 cc seperti KTM 200/250/390 Duke dan KTM RC 200/250/390.

Menurut informasi yang saya dapatkan, ke depan distributor KTM di Indonesia tetap ada dua. Tapi dengan akurnya dua distributor tadi melalui “Unity of KTM”, maka seluruh jaringan dealer yang ada di Indonesia melayani penjualan unit, penjualan suku cadang, dan servis seluruh tipe motor KTM, tidak peduli itu street bike kecil, big bike, maupun dirt bike. Konsumen nggak perlu bingung lagi ke showroom KTM yang mana ketika ingin membeli produk. Semua produk KTM bisa didapatkan di seluruh showroom resmi KTM di Indonesia. Alurnya gini, jaringan dealer PT Penta Jaya Laju Motor akan mendapatkan dirt bike dan big bike dari distributor PT Premium Motorindo Abadi. Kemudian jaringan dealer PT Premium Motorindo Abadi mendapatkan unit street bike di bawah 400 cc yang berasal dari PT Penta Jaya Laju Motor. Bisa dibilang ini win-win solution lah! Kedua perusahaan tetap bisa menjadi distributor masing-masing varian motor, keduanya bisa menjual seluruh varian motor KTM tanpa disekat-sekat oleh varian motor, dan konsumen pun diuntungkan karena nggak akan kebingungan dan bisa melihat hingga membeli aneka produk KTM dalam satu showroom.

“Sekarang 25 dealer kami sudah memajang semua lineup KTM. Tadinya kami hanya menjual KTM street saja, sekarang KTM enduro juga kita jual walaupun distributornya dari PT Premium Motorindo Abadi. Begitu juga dengan dealer dari PT Premium Motorindo Abadi juga menjual KTM street dan KTM enduro. Dimulai dari IIMS 2019, One Unity KTM akan memudahkan konsumen mencari motor KTM dalam satu tempat,” ungkap Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor Pak Kristianto Goenadi.

Advertisements