• Home »
  • Article »
  • Setelah Dua Distributor Akur, KTM Penta Jaya Juga Bakal Jual Husqvarna?

Setelah Dua Distributor Akur, KTM Penta Jaya Juga Bakal Jual Husqvarna?

Yups… Dua distributor resmi KTM di Indonesia menyatakan akur di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Dua distributor itu adalah PT Penta Jaya Laju Motor dan PT Premium Motorindo Abadi. Keduanya berkomitmen untuk bersama-sama mengembangkan brand KTM di Indonesia melalu konsep “Unity of KTM”. Seperti diketahui, sejak tahun 2016 yang lalu KTM secara resmi memecah distributornya di Indonesia menjadi dua. PT Penta Jaya Laju Motor mendapatkan tugas menjual street bike KTM dengan kapasitas mesin di bawah 400 cc yang diproduksi di India seperti KTM 200/250/390 Duke dan KTM RC 200/250/390. Kemudian PT Premium Motorindo Abadi (dulu PT Jaya Selaras Sejahtera) mendapatkan hak menjual seluruh tipe motor KTM yang diproduksi langsung di Austria, terdiri dari seluruh varian dirt bike dan big bike dengan kapasitas mesin di atas 400 cc.

Dualisme KTM di Indonesia selama tiga tahun terakhir ini sedikit banyak membuat calon konsumen bingung. Kenapa? Karena jaringan dealer PT Penta Jaya Laju Motor dipastikan tidak menjual dirt bike dan big bike KTM, sedangkan jaringan dealer PT Premium Motorindo Abadi nggak jualan street bike di bawah 400 cc. Imbasnya konsumen yang ingin membeli motor KTM nggak bisa sembarangan masuk ke dealer. Mereka harus memastikan dealer yang dimasuki menjual tipe motor yang mereka butuhkan. Tapi mulai 25 April 2019 yang lalu, PT Penta Jaya Laju Motor dan PT Premium Motorindo Abadi berdamai. Mereka sepakat menjual seluruh varian motor KTM pada semua jaringan dealer masing-masing. Jaringan dealer KTM PT Penta Jaya Laju Motor akan mendapatkan unit dirt bike dan big bike dari PT Premium Motorindo Abadi, sedangkan jaringan dealer KTM PT Premium Motorindo Abadi mendapatkan suplai street bike di bawah 400 cc dari PT Penta Jaya Laju Motor. Jelas ini solusi yang sangat baik bagi kedua distributor dan konsumen. Konsumen akan sangat dimudahkan karena semua tipe motor mulai dari street bike kecil, big bike, hingga motor garuk tanah bisa didapatkan di semua showroom resmi KTM tanpa mempedulikan dealer itu berasal dari jaringan distributor yang mana.

Nah… Dengan akurnya PT Penta Jaya Laju Motor dengan PT Premium Motorindo Abadi, maka di masa depan bahkan mungkin nggak akan lama lagi PT Penta Jaya Laju Motor bakal ikutan menjual produk-produk milik Husqvarna. Kok bisa? Ya bisa saja, soalnya distributor resmi Husqvarna di Indonesia juga dipegang oleh PT Premium Motorindo Abadi. Kalau PT Premium Motorindo Abadi pengen mem-boost brand Husqvarna dengan cepat dan masif di Indonesia, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan jaringan PT Penta Jaya Laju Motor yang saat ini mencapai 25 dealer yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Toh selama ini PT Premium Motorindo Abadi pun menjual produk-produk KTM dan Husqvarna secara berdampingan dalam jaringan dealernya. So, kenapa tidak diekspansi ke jaringan dealer PT Penta Jaya Laju Motor sekalian biar jaringan penjualan Husqvarna semakin luas?

Oh ya, penjualan motor KTM dan Husqvarna secara berdampingan dalam satu dealer memang memungkinkan. Husqvarna sendiri merupakan anak perusahaan dari KTM Group. Pengembangan dan produksi motor-motor Husqvarna pun dilakukan di markas KTM yang berada di Austria. Artinya, KTM dan Husqvarna itu saudara sangat dekat. Bahkan produksinya dilakukan di dalam satu area pabrik. Nggak masalah kalau penjualan kedua brand diletakkan dalam satu dealer. Nantinya jaringan penjualan PT Penta Jaya Laju Motor bisa mengambil unit Husqvarna dari PT Premium Motorindo Abadi yang sekarang menjadi distributor resmi. Kasusnya mirip dengan dirt bike dan big bike tadi. Semoga nggak lama lagi Husqvarna bakal tersedia di showroom KTM PT Penta Jaya Laju Motor ya!

Advertisements