Hot News: Suzuki Resmi Luncurkan Motor Dual Purpose DR150!!

Kabar cukup panas datang dari brand motor asal Jepang, Suzuki. Merek yang cukup disegani di pasar global ini baru saja secara resmi meluncurkan motor dual purpose terbaru. Siapa lagi kalau bukan DR150 yang sudah lama dinanti-nantikan! Eiiitss.. Tapi tenang dulu, DR150 baru dirilis untuk market Kolombia, Amerika Latin. Belum dirilis di Indonesia. Seperti apa detail DR150 di Kolombia? Apakah identik dengan berbagai macam spy shot calon DR150 yang selama ini dites di jalanan Indonesia?

Dari segi penampilan ternyata DR150 yang diluncurkan oleh Suzuki di Kolombia nggak ada bedanya dengan spy shot calon DR150 di Indonesia. Mulai penampakan depan sampai dengan belakang dijamin sama persis. Motor ini lebih condong seperti street bike biasa yang kemudian dipasangi ban 17-19 inch dan front fender tinggi untuk memberikan kesan dual purpose. Dan dari peluncuran ini bisa kita pastikan pula bahwa DR150 benar-benar mencomot mentah-mentah dari motor China, Haojue NK150. Asli nggak ada bedanya. Meskipun kabarnya DR150 yang diluncurkan di Kolombia ini menggunakan sistem pembakaran karburator, sedangkan yang akan dirilis di Indonesia nanti pakai sistem pembakaran injeksi.

Well… Sekarang kita tahu DR150 yang dibangun dari basis Haojue NK150 merupakan produk global. Artinya DR150 berbasis motor China nggak cuma dijual di Indonesia. Malah Suzuki di Kolombia meluncurkannya lebih dulu. Jadi rasanya kita sulit berharap Suzuki Indomobil Sales (SIS) alias Suzuki Indonesia mau merevisi desain, fitur, maupun spesifikasi DR150 yang berasal dari Haojue NK150. Maklum yang namanya produk global ya di mana-mana sama. Buat temen-temen yang nggak demen silakan menyingkir, tapi bagi yang cari motor nyaman buat sendiri maupun boncengan, enak buat perjalanan jarak jauh, dan sekaligus bisa dipakai di medan off-road ringan, DR150 masih cukup layak dipertimbangkan.

Mungkin banyak pertanyaan nih, kok bisa Suzuki mengambil mentah-mentah salah satu produk brand asal China, Haojue? Jadi gini, Haojue bisa dikatakan merupakan salah satu anak perusahaan Suzuki. Total saham Suzuki di Haojue sekitar 49%. Nggak heran kalau Suzuki juga melakukan riset bersama Haojue dalam mengembangkan sejumlah produk, seperti GSX-R250, Inzauma 250, dan V-Strom 250. Itu adalah beberapa produk Suzuki yang dikembangkan bersama dengan Haojue dan produksinya juga diserahkan kepada Haojue di China. Selain itu Suzuki juga bisa memanfaatkan sejumlah motor asli buatan Haojue dengan melabelinya menggunakan merek Suzuki. Untuk masuk ke sejumlah pasar di mana Suzuki sudah kuat, misal Indonesia atau Kolombia, kolaborasi Suzuki – Haojue akan memilih menggunakan merek Suzuki. Sebaliknya, kalau di pasar itu Haojue lebih strong, seperti di Afrika, maka merek Haojue yang bakal maju. Mau pakai merek Suzuki atau Haojue sebenarnya sama-sama. Toh produk itu diriset bersama-sama oleh Suzuki dan Haojue. So, gimana nih guys, masih mau nungguin DR150 di Indonesia? Kemungkinan DR150 nggak akan lama lagi kok dirilis di Tanah Air. Bisa jadi saat Jakarta Fair Kemayoran (JFK) pertengahan tahun nanti.

Advertisements