• Home »
  • Article »
  • Meski Belum Fit 100%, Billy Bolt Siap Pertahankan Gelar Juara di WESS 2019

Meski Belum Fit 100%, Billy Bolt Siap Pertahankan Gelar Juara di WESS 2019

Pembalap muda Billy Bolt akan menjadi salah satu tulang punggung utama bagi tim Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing di ajang balap World Enduro Super Series (WESS) 2019. Maklum, dengan skill yang dimiliki Bolt mampu meraih gelar juara WESS tahun lalu. Nggak mengherankan kalau akhirnya Husqvarna tetap mengandalkan Bolt di WESS 2019 dalam satu musim penuh. Sayangnya kebugaran fisik Bolt tahun ini tidak seperti tahun lalu. Bolt masih dalam proses memulihkan kebugaran setelah mengalami cidera. Imbasnya, Bolt kemungkinan belum fit 100% saat menghadapi seri perdana WESS 2019 di Extreme XL Lagares (Portugal) pada 10 Mei 2019 mendatang.

Meskipun masih kurang fit, dalam keterangan resmi yang dikirimkan oleh Husqvarna, Bolt mengaku siap memberikan kemampuan terbaik sejak seri perdana WESS 2019. Apalagi seri perdana yang harus dijalani pada tahun ini adalah Extreme XL Lagares, di mana Bolt mampu meraih podium pertama pada tahun 2018. Ini menjadi motivasi tersendiri bagi Bolt dalam menghadapi musim kompetisi baru. Intinya adalah walaupun kebugaran Bolt belum benar-benar pulih, dia ingin langsung tancap gas sehingga bisa mengumpulkan poin sebanyak mungkin agar bisa membuka peluang untuk mempertahankan gelar juara. Menurut rencana, Bolt akan dibekali motor Husqvarna TE 300i (2-tak) dan Husqvarna FE 450 (4-tak) pada rangkaian kompetisi WESS 2019. Motor mana yang dipakai sangat tergantung dari tipe event balap yang diikuti. Untuk event Extreme Enduro biasanya motor 2-tak yang lebih banyak dipakai sedangkan motor 4-tak akan maju di event Classic Enduro dan Cross-Country.

“Bisa memenangkan gelar tahun lalu tentu luar biasa. Aku belajar sangat banyak, mengikuti beberapa balapan hebat, dan seluruh anggota tim melakukan pekerjaan sangat bagus. Aku sangat berharap kami bisa melakukan hal yang sama tahun ini. Aku tentu datang ke WESS tidak dalam kondisi 100%. Secara personal aku ingin tampil lebih baik di Erzberg dan Romaniacs. Tetapi aku ingin mendapatkan poin sebanyak mungkin sejak dimulainya musim balap, dan kemudian ketika kebugaranku sudah lebih baik, aku bisa menggeber motor lebih kuat. Memenangkan Lagares pada tahun lalu merupakan hal yang fantastis, segalanya berbeda tahun ini namun aku siap memberikan 100% kemampuanku dan bertarung untuk gelar juara WESS,” ungkap Billy Bolt.

Seperti diketahui, WESS merupakan serial balap enduro multi disiplin yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2018 yang lalu. Berarti pada 2019 adalah musim kedua gelaran WESS. WESS menggabungkan serial balap Extreme Enduro, Classic Enduro, Cross-Country, hingga Beach Race ternama di Eropa dalam satu musim kompetisi. Untuk tahun 2019 secara total ada delapan seri balap WESS, antara lain Extreme XL Lagares – Portugal (Extreme Enduro), Trefle Lozerien AMV – Perancis (Classic Enduro), ErzbergRodeo – Austria (Extreme Enduro), Hixpania – Spanyol (Extreme Enduro), Romaniacs – Romania (Extreme Enduro), Hawkstone Park Cross Country – Inggris (Cross-Country), BR2 Enduro Solsona – Spanyol (Classic Enduro), dan GetzenRodeo – Jerman (Extreme Enduro). Para rider yang mampu mengumpulkan poin terbanyak dari seluruh serial balap akan mendapatkan gelar “Ultimate Enduro Champion”.

Jadwal World Enduro Super Series (WESS) 2019:

  • Seri 1: Extreme XL Lagares (Portugal) 10 – 12 Mei 2019 – Extreme Enduro
  • Seri 2: Trèfle Lozérien AMV (Perancis) 17 – 19 Mei 2019 – Classic Enduro
  • Seri 3: Erzbergrodeo Red Bull Hare Scramble (Austria) 30 Mei – 2 Juni 2019 – Extreme Enduro
  • Seri 4: Hixpania Hard Enduro 21 – 23 Juni 2019 – Extreme Enduro
  • Seri 5: Red Bull Romaniacs (Romania) 30 Juli – 4 Agustus 2019 – Extreme Enduro
  • Seri 6: Hawkstone Park Cross Country (Inggris) 21 – 22 September 2019 – Cross-Country
  • Seri 7: BR2 Enduro Solsona (Spanyol) 5 – 6 Oktober 2019 – Classic Enduro
  • Seri 8: GetzenRodeo (Jerman) 2 – 3 November 2019 – Extreme Enduro

Advertisements