Suzuki Indonesia Paling Cepat Rilis Dual Purpose DR150 di PRJ 2019

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019 bakal berakhir pada hari ini, 5 Mei 2019. Nggak ada tanda-tanda Suzuki Indomobil Sales (SIS) bakal meluncurkan produk baru, khususnya motor dual purpose DR150 di IIMS 2019 hingga akhir pameran. Di sisi lain Suzuki Colombia justru lebih dulu meluncurkan DR150 yang lucunya di sana dimasukkan ke dalam kategori motor enduro. Untuk market di Indonesia, penampilan DR150 bisa dipastikan identik dengan yang ada di Colombia. Sepertinya DR150 yang merupakan rebranding dari Haojue NK150 benar-benar diposisikan oleh Suzuki Jepang sebagai produk global. Jadi di manapun pasarnya, ya seperti itulah wujud dan spesifikasi DR150. Apalagi Suzuki Indomobil Sales beberapa kali tertangkap kamera sedang mengetes motor yang sama dengan DR150 Colombia. So, temen-temen nggak bisa berharap Suzuki Indomobil Sales bakal merevisi desain hingga spesifikasi DR150 karena peluncuran motor ini hanya tinggal menunggu waktu. Kapan??

Penampilan DR150 memang terus menuai kontroversi. Para penggemar off-road jelas banyak yang nggak suka dengan desain DR150 yang cenderung seperti street bike. Itu bisa dilihat dari kolom komentar fans page Adventuriderz di Facebook ketika saya memposting tentang DR150. Banyak caci-maki guys!! Tapi tenang… Silakan cool down… Kalau temen-temen nggak suka dengan desain DR150, berarti kalian bukan target market motor ini. Kalau saya lihat DR150 memang nggak bisa head-to-head melawan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L. Motor ini ada di segmen yang sangat berbeda walaupun judulnya sama-sama motor dual purpose. Mungkin Suzuki justru melihat prospek yang cukup besar bagi kalangan penggemar touring adventure atau sebagai motor dinas sektor perbankan, pertanian, perhutanan, perkebunan, hingga pertambangan di mana DR150 memungkinkan masuk ke arah sana.

Mengenai timeline peluncuran DR150 di Indonesia, yang paling logis, paling memungkinkan, dan paling cepat adalah di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019. Kalau dulu orang-orang menyebutnya dengan Pekan Raja Jakarta (PRJ) yang rutin digelar setiap tahun di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Jakarta Fair Kemayoran sendiri digelar mulai tanggal 22 Mei 2019 hingga 30 Juni 2019. Rentang waktunya lumayan panjang, lebih dari sebulan. Tapi misalnya di Jakarta Fair meleset ya apes-apesnya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 lah.

Advertisements