• Home »
  • Article »
  • Ternyata Segini Power Husqvarna TE 250i Versi 2019 di Atas Mesin Dyno…

Ternyata Segini Power Husqvarna TE 250i Versi 2019 di Atas Mesin Dyno…

Seperti temen-temen ketahui, Husqvarna Motorcycles setidaknya mengeluarkan dua varian motor enduro 2-tak yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi. Dua motor itu adalah Husqvarna TE 250i dan Husqvarna TE 300i. Dari namanya pasti temen-temen juga udah langsung paham berapa kapasitas mesinnya. Jelas yang satu punya kapasitas mesin 250 cc sedangkan yang satunya lagi kapasitas mesinnya lebih besar yaitu 300 cc. Kedua tipe motor itu sudah dijual resmi di Indonesia lewat jaringan dealer PT Premium Motorindo Abadi (Husqvarna Indonesia). Mungkin temen-temen pada penasaran, berapa sih sebenarnya besaran tenaga motor enduro 2-tak dari Husqvarna ini?

Yeaah… Dalam spesifikasi motornya, Husqvarna sangat jarang menampilkan besaran power dan torsi masing-masing produk. Calon konsumen hanya bisa memperkirakan saja atau kalau mau yang lebih pasti ya langsung beli motornya kemudian digelandang ke atas mesin dyno. Dari sana langsung ketahuan berapa besaran power dan torsi motor tersebut. Tapi bagi yang nggak mau beli kucing dalam karung, kalian bisa browsing ke sejumlah website luar negeri yang khusus mengulas dirt bike. Biasanya mereka juga mengukur power dan torsi sejumlah motor di atas mesin dyno.

Beruntung sekali baru-baru ini website Dirtrider.com mempublikasikan hasil dyno salah satu dari dua motor enduro 2-tak Husqvarna yang sudah menggunakan sistem pembakaran injeksi bernama Transfer Port Injection (TPI), yaitu Husqvarna TE 250i. Dari hasil pengukuran Dirtrider.com, didapatkan power TE 250i tembus 40,74 HP di putaran mesin 8.230 rpm, sedangkan torsi maksimalnya mencapai 37,27 Nm. Itu power dan torsi yang diukur di roda, bukan on crank. Biasanya power dan torsi yang diklaim oleh pabrikan itu diukur on crank sehingga terlihat angkanya lebih besar dibandingkan dengan power dan torsi on wheel.

Sekarang temen-temen udah tahu kan berapa besaran power dan torsi TE 250i generasi terbaru model year 2019… Untuk ukuran dirt bike atau motor enduro, power dan torsi di atas mesin dyno segitu memang tergolong gede. Gede banget malahan. Apalagi bobot motor TE 250i sendiri sangat ringan sehingga motor ini punya power-to-weight ratio dan torque-to-weight ratio yang luar biasa. Tertarik meminang TE 250i model year 2019? Paling nggak kalian harus menyiapkan kocek sekitar Rp 165-170 juta untuk membawa pulang motor ini. Sanggup?

Advertisements