Motocross Honda Versi 2020: CRF450R, CRF250R, dan CRF150R

Selain memperkenalkan delapan motor off-road generasi terbaru model year 2020, Honda ternyata juga mengumumkan kepada publik mengenai deretan motor motocross versi 2020. Jumlah motor motocross yang diperkenalkan Honda memang lebih sedikit dibandingkan dengan motor off-road, totalnya ada tiga hingga empat tipe saja, antara lain CRF450R, CRF250R, dan CRF150R plus CRF450RWE (Works Edition) yang merupakan edisi spesial dari CRF450R dengan livery khas Honda Racing Corporation (HRC) yang mengombinasikan warna merah, putih, dan biru.

Menurut keterangan resmi dari Honda, seluruh tipe motor motocross versi 2020 mendapatkan sentuhan update seperti di bagian suspensi, filter udara, dan khusus untuk tipe 250 mendapatkan cam baru, valve direvisi, dan ruang bakar dibentuk ulang. Pada intinya semua motor mendapatkan update yang penting untuk meningkatkan level performa menjadi lebih tinggi meskipun hanya berupa minor update karena pada tahun lalu Honda sudah melakukan major update di kelas ini. Satu hal lagi yang nggak kalah penting, motocross kecil CRF150R kembali masuk ke deretan motocross Honda pada model year 2020. Berikut detail untuk masing-masing tipe motor:

Honda CRF450R

CRF450R merupakan motocross flagship yang dimiliki oleh Honda dengan platform yang sama seperti motor yang digunakan oleh pembalap HRC Ken Roczen dan Cole Seely di ajang balap AMA Supercross. Nah, pada CRF450R versi 2020 ini Honda telah menyematkan fitur bernama Honda Selectable Torque Control (HSTC) atau bahasa awamnya traction control agar ban motor bisa mendapatkan traksi yang maksimal sehingga rider tidak kehilangan banyak waktu. Kemudian Honda juga memasang tombol engine mapping di handlebar dengan tiga level karakter power delivery yang bisa dipilih. Honda mengklaim tiga level engine mapping ini merupakan yang paling banyak di kelasnya dibandingkan dengan milik motor-motor lain. Selain itu, Honda memberikan update pada bagian internal suspensi, mengubah posisi baterai menjadi di bawah dekat dengan pusat gravitasi, meningkatkan performa dan daya tahan kampas rem belakang, dan dalam kondisi standar sudah terpasang ban Dunlop Geomax® MX3S. Rencananya CRF450R versi 2020 akan tersedia mulai Juni 2019 dengan bandrol harga US$ 9.399 di Amerika Serikat.

Honda CRF450R Works Edition

Bisa dibilang CRF450RWE model year 2020 merupakan versi special edition dari CRF450R model year 2020. Hal pertama yang paling kelihatan bedanya ada di bagian warna grafis. CRF450RWE mengusung warna grafis Red White Blue (RWB) khas HRC. Jadi jangan heran kalau unit motornya sekilas mirip dengan motor yang dipakai oleh Ken Roczen. Tapi sebenarnya spesifikasi CRF450RWE memang punya banyak kemiripan dengan motor Ken Roczen. Lihat saja, knalpotnya pakai full system titanium buatan Yoshimura, menggunakan grip Renthal terbaru dengan dual compound, serta seluruh update yang diberikan kepada CRF450R model year 2020 juga hadir di CRF450RWE model year 2020. Motor ini akan dijual mulai Agustus 2019 dengan harga US$ 11.999.

Honda CRF250R

Lanjut ke CRF250R model year 2020… Ini merupakan motor yang biasa digunakan di ajang balap motocross kelas 250 cc. Misalnya SX250 di Supercross atau MX2 di kancah balap MXGP. Dibandingkan dengan versi 2019, pada CRF250R model year 2020 ini Honda mengutak-atik mesinnya sehingga memiliki power yang lebih baik di putaran bawah hingga menengah dan revisi sasis yang meningkatkan handling menjadi lebih baik lagi. Untuk meningkatkan torsi dan agar motor lebih mudah dikendarai, Honda memberikan cam baru, merevisi intake dan exhaust klep, ruang bakar dibentuk ulang, dan resonator knalpot kini telah dihilangkan. Pada waktu yang sama Honda juga meningkatkan daya manuver motor ini dengan menyematkan sasis dan swing arm yang lebih ringan dengan mengoptimalkan tingkat kelenturan sasis dan swing arm tersebut, serta memindahkan posisi baterai ke bawah dekat dengan pusat gravitasi dan memberikan update pada internal suspensi. Honda CRF250R generasi terbaru ini akan hadir mulai Juni 2019 dengan bandrol harga US$ 7.999.

Honda CRF150R & Honda CRF150R Big Wheels

Pada motocross varian terkecil, CRF150R, Honda memberikan dua opsi kepada konsumen, yaitu tipe standar dan tipe Big Wheels. Yang versi Big Wheels tentu saja punya ban yang diameternya lebih besar, jok yang lebih tinggi, dan travel suspension lebih panjang. CRF150R Big Wheels tentu lebih cocok dipakai oleh rider pemula yang punya tubuh bongsor. Oh ya, untuk CRF150R dan CRF150R Big Wheels model year 2020 masih tetap mengandalkan mesin Unicam 4-tak yang mampu memberikan power delivery smooth dan torsi kuat di semua rentang rpm. Suspensi Showa di bagian depan dengan model upside down dan suspensi belakang mono shock dengan linkage Pro-Link sudah menjadi part standar di motor ini. CRF150R standar dibandrol US$ 5.099, sedangkan CRF150R Big Wheels harganya US$ 5.299 dan akan tersedia mulai Agustus 2019.

Adakah temen-temen yang tertarik meminang motor-motor Honda di atas untuk bermain motocross? Kabar buruknya motor-motor itu nggak dimasukkan oleh PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai ATPM resmi motor Honda di Indonesia. Kalau tetap ngebet pengen meminang salah satu dari CRF450R, CRF450RWE, CRF250R, dan CRF150R bisa didapatkan lewat importir umum. Konsekuensinya harga yang ditawarkan lumayan mahal untuk ukuran motocross brand Jepang. Beda dengan motocross Kawasaki atau Yamaha yang punya distributor resmi di sini, harganya relatif jauh lebih bersahabat.

Advertisements