Beta Motorcycles Rilis “RR 4T 125 LC Enduro-R Limited Edition”

Brand motor off-road asal Italia, Beta Motorcycles, baru saja mengumumkan peluncuran motor enduro terbaru mereka, yaitu Beta RR 4T 125 LC Enduro-R Limited Edition. Nah, bisa dibilang Beta RR 4T 125 LC Enduro-R Limited Edition ini dirt bike berkapasitas mesin kecil tapi fiturnya nggak kalah dibandingkan dengan dirt bike yang mesinnya lebih besar. Terus apa bedanya juga antara Beta RR 4T 125 LC Enduro-R Limited Edition dengan versi standar? Kebetulan Beta Motorcycles sudah menjelaskan dengan gamblang sejumlah perbedaan itu melalui akun Instagram. Check this out bro!

Beta RR 4T 125 LC Enduro merupakan motor enduro 4-tak varian terkecil yang dimiliki oleh Beta Motorcycles. Basic mesin yang dipakai adalah Yamaha Motori Minarelli M/C 125 alias basis mesinnya kurang lebih sama dengan Yamaha V-Ixion yang dijual di Indonesia, berupa mesin SOHC 4-valve dan berpendingin radiator. Bedanya mesin-mesin yang terpasang di motor Yamaha Indonesia sudah dinaikkan kapasitasnya menjadi 149-155 cc sedangkan Beta masih pakai mesin dasar 125 cc. Bedanya lagi mesin yang terpasang di motor Beta masih menggunakan karburator Keihin CVK 30 alias belum pakai sistem injeksi, tapi sudah lolos regulasi emisi Euro 4!

Kelengkapan lain Beta RR 4T 125 LC Enduro tergolong cukup mentereng, seperti pakai suspensi depan upside down 41 mm, suspensi belakang mono shock dengan linkage, sasis ringan dari bahan chromoly, swing arm aluminium, velg aluminium 18-21 inch lengkap dan ban enduro tulen buatan Michelin, cakram rem berukuran jumbo, dan konsol speedometer full digital dengan berbagai macam diagnostic warning. Secara total motor ini memiliki bobot hanya 102 kg. Sangat ringan! Belum lagi desainnya memang cantik khas motor Italia sekaligus terlihat gagah karena motor ini nggak kelihatan seperti motor bermesin kecil.

Pada dasarnya perbedaan antara Beta RR 4T 125 LC Enduro-R Limited Edition dengan Beta RR 4T 125 LC Enduro standar nggak begitu masif. Malah bedanya sangat tipis. Perbedaan paling mencolok ada di sektor grafis. Kalau varian standar didominasi oleh warna merah khas Beta, maka versi limited edition didominasi oleh warna biru lengkap dengan aksen putih dan merah. Kemudian cover mesin dilabur dengan warna biru, sementara swing arm tetap sama terbuat dari bahan aluminium. Perbedaan lainnya adalah Beta RR 4T 125 LC Enduro-R Limited Edition dilengkapi dengan sistem rem CBS alias Combined Braking System. Mirip lah dengan sistem CBS-nya skutik Honda di Indonesia. Kalau rem depan ditarik tuasnya maka rem belakang secara otomatis juga ikut ngerem, begitu juga sebaliknya. Semoga saja motor ini ikutan masuk ke Indonesia karena di sini sudah ada distributor resminya yang baru, yaitu PT Roma Motor Utama, meskipun kalau masuk ke Indonesia pasti harganya nggak akan murah sama sekali.

Advertisements