Salah Satu Petinggi Suzuki Angkat Bicara Tentang Peluncuran DR150

Suzuki Indomobil Sales (SIS) diketahui telah melakukan pengetesan secara intensif di jalanan sosok calon motor dual purpose DR150. Motor ini dipastikan mengambil basis dari Haojue NK150. Asli sama persis dan nggak menyimpang sama sekali. Buat yang belum tahu tentang Haojue, ini adalah perusahaan rekanan Suzuki di China. Kalau tidak salah Suzuki Jepang punya 49% saham di Haojue. Maka jangan heran kalau antara Suzuki dan Haojue saling berbagi platform karena mereka bersama-sama melakukan riset dalam mengembangkan sebuah produk. Terkadang ada produk Suzuki sendiri yang dilabeli Haojue, begitu pula sebaliknya ada produk Haojue yang dijual dengan label Suzuki.

Sekian lama menunggu DR150 diluncurkan di Indonesia, justru Suzuki meluncurkan motor ini terlebih dahulu di Colombia – Amerika Latin. Namanya persis Suzuki DR150 dengan desain persis Haojue NK150 yang juga identik dengan motor dual purpose yang diuji coba oleh Suzuki di jalanan Indonesia. Jadi paling tidak bisa disimpulkan bahwa DR150 itu adalah produk global sehingga DR150 yang dipasarkan di Indonesia nanti 99% bisa dipastikan identik dengan DR150 di Colombia. Kalau Suzuki Colombia sudah meluncurkan DR150, lalu Suzuki Indonesia kapan?

Sayangnya, salah satu petinggi Suzuki Indomobil Sales Pak Yohan Yahya (2W Sales & Marketing Head) yang dikutip dari Kompas Otomotif masih merahasiakan mengenai timeline peluncuran DR150. Namun satu hal yang cukup menarik, Pak Yohan memberikan sebuah clue bahwa tidak ada motor baru yang akan dirilis oleh Suzuki Indomobil Sales pada sisa semester pertama 2019 ini dengan alasan sudah dekat dengan hari libur Lebaran. Motor baru Suzuki baru akan dirilis pada semester kedua 2019 nanti. Pak Yohan nggak menyebut secara spesifik DR150, hanya menyebut “produk baru” yang masih dirahasiakan tipenya, meskipun yang paling memungkinkan memang hanya DR150.

“Belum sekarang. Nanti ada waktunya, yang jelas bukan semester ini karena sudah dekat Lebaran. Kalau produk baru mungkin semester dua nanti. Apa itu? Tunggu saja!,” ungkap Pak Yohan.

Suzuki DR150 atau Haojue NK150 sendiri merupakan motor dual purpose yang street oriented. Motor ini berada di kelas yang berbeda dengan Kawasaki KLX150 dan Honda CRF150L yang sangat kuat kesan dirt bike-nya. Mesinnya sendiri berkapasitas 149 cc, SOHC, 4-tak, 2-klep, dan berpendingin udara. Mesin ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 12 HP di putaran mesin 7.500 rpm dan torsi maksimal sebesar 12,7 Nm di putaran mesin 6.500 rpm. Suspensi depan masih menganut model teleskopik, suspensi belakang mono shock, serta menggunakan ban depan 19 inch dan ban belakang 17 inch. Sejauh ini Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) DR150 yang terdaftar di Samsat Pajak Kendaran Bermotor DKI Jakarta adalah sebesar Rp 23,5 juta. Jadi DR150 masih berpeluang dijual dengan harga di bawah Rp 30 juta on the road Jakarta. Misal DR150 nggak diluncurkan di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2019, peluang besar motor ini dirilis di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 setelah Lebaran nanti.

Advertisements