• Home »
  • Article »
  • Selain Versi Off-Road, Kawasaki Diyakini Akan Sediakan KLX230 Street Legal

Selain Versi Off-Road, Kawasaki Diyakini Akan Sediakan KLX230 Street Legal

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) diyakini akan merilis motor trail baru bernam KLX230 dalam waktu dekat. Salah satu media otomotif ternama di Indonesia, Motorplus, malah sudah mendapatkan foto deretan motor yang dipastikan memiliki nama KLX230R. Dengan mengusung akhirnya “R” bisa dipastikan KLX230R mengejar performance, tentunya di medan off-road. Bisa dilihat dari foto, KLX230R nggak dilengkapi dengan lampu-lampu alias brondolan, nggak ada konsol speedometer, nggak ada plate holder, dan berbagai kelengkapan jalan raya lainnya lengkap dengan ban off-road tulen. Artinya KLX230R merupakan motor pure off-road yang nggak bisa dipakai di jalan raya. Posisinya mirip dengan KLX140G yang main di kelas 150 cc, hanya digunakan untuk off-road. Terus apakah Kawasaki juga akan mengeluarkan KLX230 versi street legal?

Kabar bagus buat temen-temen penggemar motor dual sport atau trail street legal, menurut informasi yang dihembuskan oleh Om Taufik TMCblog, kemungkinan besar bakal ada kok KLX230 versi street legal yang pastinya legal dipakai di jalan raya karena dilengkapi dengan berbagai macam lampu-lampu, konsol speedometer, plate holder, kaca spion, dan lain-lain. Bisa jadi namanya nanti adalah KLX230S atau KLX230L. Bahkan nggak menutup peluang bakal ada juga versi supermotonya dengan kemungkinan label D-Tracker 230. Kenapa kok ini sangat memungkinkan? Karena KLX230 itu sudah pakai sistem pembakaran injeksi. Malah di Amerika Serikat motor dengan tenaga mesin 20,1 HP ini sudah lolos standar uji emisi dari California Air Resource Board (CARB) yang dikenal sangat ketat sehingga bisa dipakai di jalanan negara tersebut.

Nah… Secara penampilan frame bisa dibilang KLX230R itu sangat identik dengan KLX140G/KLX150. Lalu dia pakai swing arm aluminium berbobot ringan, suspensi depan teleskopik, suspensi belakang mono shock dengan piggyback reservoir, footpegs lebar dan bergerigi, tuas gigi sistem lipat, stang model twin wall, dan ban off-road tulen yang semuanya mirip-mirip dengan motor off-road tulen KLX140G. Asumsi saya, jika nanti ada KLX230 versi street legal, kemungkinan miripnya dengan KLX150 BF yang juga street legal. Contohnya menggunakan suspensi depan upside down, suspensi belakang biasa tanpa piggyback reservoir, swing arm besi yang bobotnya lebih berat, footpegs bergerigi tapi tidak lebar dan dilapisi oleh karet, tuas gigi biasa bukan sistem lipat, dan pakai ban dual purpose. Maka jangan heran kalau nanti KLX230R punya bobot yang lebih ringan dan jauh lebih enak buat off-road ketimbang KLX230 versi street legal.

Kemungkinan juga motor ini diproduksi secara lokal di Indonesia oleh Kawasaki Motor Indonesia dan didaulat sebagai produk global yang bisa bertarung melawan Honda CRF230F/CRF250F dan Yamaha TT-R230. Untuk timeline peluncuran KLX230, peluang yang paling dekat adalah di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) alias Pekan Raya Jakarta (PRJ) yang dimulai sejak 22 Mei sampai dengan 30 Juni 2019. Misal di PRJ terlalu ribet karena berdekatan dengan Lebaran ya meleset-melesetnya launching di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada 18-28 Juli 2019. Satu hal yang pasti, momen peluncuran KLX230 sudah sangat dekat. Mudah-mudahan harga KLX230 nanti bersahabat ya! Soalnya lebih mirip KLX140G/KLX150 yang diganti mesinnya dengan 233 cc. Hehehe…

Advertisements