Fuel Motorcycles Bikin Vintage Enduro Super Keren dari Basis RE Himalayan

Brand apparel dan riding gear yang berbasis di Barcelona, Fuel Bespoke Motorcycles, baru saja memperkenalkan hasil kreasi terbaru mereka. Ternyata kreasi terbaru Fuel Motorcycles ini bukanlah jersey, kaos, topi, celana, jaket, sarung tangan, ataupun perlengkapan riding lainnya, melainkan sebuah motor custom yang dibangun dari basis motor petualang asal India, yaitu Royal Enfield Himalayan. Fuel Motorcycles memberi nama motor dengan sebutan “Royal Rally 400” karena terinspirasi dari motor-motor yang dipakai di ajang balap Paris Dakar pada masa lampau, persisnya sekitar tahun 1980-an, seperti motor Yamaha XT 500 atau Honda XL. Ya kalau jaman sekarang lebih mirip seperti motor trail klasik atau vintage enduro daripada motor rally tulen. Tapi jaman dulu desain motor rally ya seperti Royal Rally 400 ini guys!

Rencananya motor Royal Rally 400 akan digunakan oleh pendiri Fuel Motorcycles, Karles Vives, untuk riding di event rally Scram Africa 2019 yang berlangsung di Maroko. Dalam membangun Royal Rally 400, Fuel mempertahankan mesin dalam kondisi standar Royal Enfield Himalayan berupa mesin 411 cc SOHC 4-tak yang punya stroke panjang sehingga mampu menghasilkan tenaga sebesar 24,5 HP dan torsi 31 Nm. Menurut Fuel, mesin standar Himalayan sudah cukup untuk digunakan di Scram Africa 2019 karena di event tersebut tidak terlalu membutuhkan kecepatan, melainkan lebih butuh motor yang ringan, gampang bermanuver, dan simple. Mesin ini pun dianggap sudah cukup untuk melibas Pegunungan Atlas dan Gurun di Maroko serta berbagai macam rintangan lainnya mulai dari aspal, lumpur, pasir, dan lain-lain. Hanya saja pada mesin ini Fuel mengganti knalpot standar dengan knalpot milik motocross Suzuki RM-Z450 agar suaranya lebih gahar dan jambakan mesin lebih kuat. Selanjutnya mesin juga dipasangi ECU Powertronic untuk mengimbangi penggantian knalpot. Selebihnya dibiarkan standar, termasuk gearbox hingga final gear tetap standar Himalayan.

Agar penampilan mirip seperti motor rally jadul, Fuel Motorcycles menanggalkan lampu-lampu depan hingga windshield Himalayan kemudian menggantinya dengan lampu vintage enduro dengan desain kotak. Penampilan semakin keren saat di bawah lampu juga terpasang front fender vintage enduro. Jok yang tadinya model tandem diganti dengan jok tunggal, namun bagian belakang diberi rak agar bisa dipakai untuk meletakkan tas berukuran kecil. Di bagian kanan-kiri jok juga melekat rak untuk menaruh soft luggage. Ban off-road tulen dengan ring 18-21 inch terpasang dengan manis. Kemudian Fuel memasang sebuah switch yang berfungsi untuk mengaktifkan dan mematikan fitur ABS pada motor sehingga rider bisa memilih apakah akan menggunakan sistem rem ABS atau tidak, tergantung dari medan yang dilalui itu on-road atau off-road.

Selain itu, Fuel juga memasang sejumlah aksesoris pada Royal Rally 400 berupa hand guard, handlebar yang lebih kuat, hand grip yang lembut untuk kebutuhan rally, serta konsol speedometer yang unik dan sederhana. Pada dasarnya konsep modifikasi yang dilakukan oleh Fuel Motorcycles pada Royal Enfield Himalayan cukup sederhana karena ubahannya memang nggak terlalu banyak. Tidak sampai potong sasis sana-sini seperti custom modification kebanyakan. Intinya Fuel hanya membuat si Himalayan menjadi jauh lebih ringkas, sederhana, tapi tetap fungsional sebagai motor yang bisa menjelajah ribuan kilometer di medan off-road, khususnya gurun. Meskipun konsepnya sederhana, tapi harus diakui motor garapan Fuel hasilnya sangat luar biasa. Sangat-sangat keren! Beda total lah dengan Himalayan standar. Mudah-mudahan motor garapan Fuel ini bisa memberikan inspirasi bagi temen-temen yang ingin memodifikasi Himalayan.

Modifikasi Utama:

  • Lampu depan vintage enduro
  • Front fender dan rear fender
  • Konsol speedometer Koso
  • Jok baru
  • Knalpot Suzuki RM-Z450
  • Dipasangi rak belakang
  • Rak samping untuk soft luggage
  • Handlebar Tomasselli
  • Ban Pirelli MT 21 Rallycross
  • ECU Powertronic

Spesifikasi Teknis:

  • Mesin satu silinder, 4-tak, SOHC, pendingin udara, sistem pembakaran injeksi
  • Kapasitas mesin 411 cc
  • Diameter piston 78 mm x stroke 86 mm
  • Rasio kompresi 9,5:1
  • Power maksimal 24,5 HP/6.500 rpm
  • Torsi maksimal 31 Nm/4.250 rpm
  • Sistem pengapian elektronik digital

Gallery:

Advertisements