Michelin Tracker – Ban Motor Enduro untuk Berbagai Macam Kondisi Medan

Salah satu brand ban ternama di dunia, Michelin, baru-baru ini meluncurkan ban baru yang diperuntukkan bagi motor trail. Namanya adalah Michelin Tracker. Ban baru ini sebenarnya lebih ditujukan untuk motor trail off-road. Tapi menariknya, Michelin Tracker tergolong sebagai ban yang punya harga terjangkau, bisa dipakai untuk berbagai macam keperluan, dan bisa digunakan untuk berbagai macam kondisi medan. Apa saja keunggulan Michelin Tracker dan berapa harganya??

Bisa dibilang Michelin Tracker tergolong sebagai ban entry level yang ditujukan bagi para rider motor trail, termasuk rider amatir, yang membutuhkan ban all-rounder alias bisa digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Jadi Michelin Tracker ini diklaim bisa dipakai di medan off-road tanah, batu, pasir, hingga lumpur. Nggak ada masalah. Bahkan Michelin Tracker juga bisa dipakai di sirkuit motocross. Belum cukup sampai di situ, Michelin Tracker punya keunggulan lain, yaitu bersifat street legal. Artinya, Michelin Tracker legal dipakai di jalan raya. Secara umum Michelin Tracker merupakan produk baru yang diposisikan untuk menggantikan Michelin AC10.

Menurut Michelin, Tracker cocok digunakan oleh rider yang nggak mau repot. Biasanya untuk kebutuhan enduro/hard enduro, para rider akan menggunakan ban Michelin Enduro. Kemudian untuk kebutuhan motocross akan menggunakan Michelin Starcross dan untuk kebutuhan trail riding menggunakan Michelin Anakee. Tapi buat rider yang nggak mau ribet bongkar pasang ban yang menghabiskan banyak waktu, uang, dan tenaga, sekarang sudah ada Michelin Tracker yang bisa dipakai di medan enduro, motocross, dan trail riding sekaligus! Dipakai di lintasan aspal pun nggak masalah karena legal dipakai di jalan raya…

Tapi walaupun bisa dipakai sebagai ban all-rounder, Michelin Tracker tetap punya kelemahan. Apa itu? Yups, ban yang satu ini nggak bisa dipakai di ajang balap enduro maupun motocross yang membutuhkan rating atau sertifikasi dari FIM. Kalau regulasi balapannya nggak butuh ban dengan rating FIM ya tetap bisa. Oh ya, rencananya Michelin Tracker akan dijual dengan harga sekitar USD 100 atau setara dengan Rp 1,45 jutaan sepasang, tergantung dari ukurannya. Harga itu tergolong murah ya, apalagi dari brand sekelas Michelin. Semoga saja ban yang satu ini juga masuk ke Indonesia dalam waktu dekat!

Advertisements