• Home »
  • Article »
  • Penampakan Husqvarna FE 350 Dual Sport Versi 2019, Memang Cakep Ya!

Penampakan Husqvarna FE 350 Dual Sport Versi 2019, Memang Cakep Ya!

Husqvarna (dan tentu induknya, KTM) merupakan brand motor yang sangat luwes dalam memenuhi permintaan konsumen. Di Eropa, Australia, Indonesia, dan sejumlah negara lainnya motor Husky FE series (4-tak) dijual sebagai motor enduro tulen. Tapi di Amerika Serikat Husky memberi perlakuan agak berbeda. Motor enduro yang dijual di Negeri Paman Sam memakai kode FX. Ini lebih tepatnya motor enduro cross-country ya. Sedangkan FE series dijual sebagai motor dual sport yang bisa dipakai off-road dan on-road karena bersifat street legal. Dilengkapi lampu-lampu, plate holder, kaca spion, dan berbagai macam kelengkapan jalan raya lainnya. Mantap kan?

Nah, salah satu produk dual sport yang dijual oleh Husky di Amerika Serikat adalah FE 350 Dual Sport model year 2019. Secara umum penampilan FE 350 Dual Sport sangat identik dengan FE 350 versi enduro yang dijual di Eropa atau Indonesia. Asli nggak menyimpang sama sekali. Bedanya yang versi dual sport lampu-lampunya sangat komplit. Ada lampu utama, lampu belakang, dan lampu sein. Lalu di sana ada kaca spion berbentuk kotak serta rear fender berukuran lebih besar yang juga berfungsi sebagai dudukan plat nomor polisi (number plate holder).

Masih ada lagi bedanya? Yups… FE 350 Dual Sport ini harus lulus uji emisi yang sangat ketat di Amerika Serikat. Uji emisi nggak melulu terkait dengan emisi gas buang berupa kadar karbon dioksida (CO2) yang keluar dari knalpot ya, tapi juga emisi suara. Ribetnya lagi, uji emisi suara di Amerika Serikat itu lagi-lagi nggak melulu mengenai suara mesin atau suara yang keluar dari knalpot. Kebisingan seluruh suara yang dihasilkan oleh motor ketika dipakai di jalan raya pun masuk dalam perhitungan, termasuk kebisingan ban ketika bergesekan dengan aspal. Makanya Husky mengganti ban enduro tulen pada FE 350 standar menjadi ban dual purpose Continental TKC80 di FE 350 Dual Sport. Ban Continental TKC80 ini tingkat kebisingannya saat bergesekan di aspal masih lebih rendah daripada ban off-road tulen. Plus Continental TKC80 sudah mendapatkan sertifikasi DOT (Department of Transportation) di Amerika Serikat agar bisa dipakai di jalan raya.

Oh ya, biar lolos uji emisi suara mesin di Amerika Serikat, engineer Husky perlu memasang sebuah reed valve di bagian airbox, persisnya di antara filter dan throttle body. Komponen reed valve yang dipasang di FE 350 Dual Sport ini wujudnya kurang lebih sama dengan reed valve di motocross 2-tak Husky TC 65. Selain itu knalpot juga mesti lebih silent ya dengan pemasangan catalytic converter. Jadi biar FE 350 enduro bisa dipakai di jalanan Amerika Serikat ternyata nggak semudah membalikkan telapak tangan. Ada sejumlah ubahan yang perlu dilakukan khususnya agar lolos emisi gas buang dan emisi suara, mulai dari ganti ban, pasang reed valve, dan penggunaan knalpot yang lebih ramah telinga.

Sekedar informasi buat temen-temen, mesin 350 cc milik Husky tergolong sebagai salah satu mesin yang paling laris di dunia. Di segmen motocross misalnya, Husky FC 350 cukup jadi idola meskipun untuk kompetisi resmi lebih banyak dipakai FC 250 dan FC 450. Kemudian di segmen motor cross-country, FX 350 laris-manis. Begitu juga di segmen motor enduro dan dual sport, FE 350 dan FE 350 Dual Sport termasuk best seller. Di Indonesia pun kayaknya sama ya, FE 350 versi enduro sangat digemari dengan sejumlah alasan. Sebut saja tenaganya lebih tinggi dibandingkan dengan FE 250, tapi juga lebih mudah dikontrol daripada FE 450 dan FE 501. Apalagi bobot FE 350 lebih enteng dibandingkan dengan FE 450 dan FE 501. Jadi FE 350 tergolong pilihan yang paling rasional. Konon kabarnya FE 350 Dual Sport memiliki tenaga sekitar 35 HP di atas mesin dyno. Angka sebesar ini sudah lebih dari cukup untuk bermain off-road maupun digeber di jalan raya.

Tapi sayangnya FE 350 Dual Sport beserta FE 250 Dual Sport, FE 450 Dual Sport, dan FE 501 Dual Sport nggak dijual di Indonesia. Motor dual sport FE series kayaknya khusus buat market Amerika Serikat deh…  Yang dijual di Indonesia hanya FE 250/350/450/501 versi enduro. Itupun hanya dijual off the road tanpa surat-surat. Jadi ya seluruh motor Husky FE series nggak bisa legal dipakai di jalan raya Indonesia. Sebenarnya kalau distributor Husky di Indonesia mau mendaftarkan uji tipe FE 250/350/450/501, motor-motor ini bisa kok keluar surat-suratnya. Namun mereka memilih untuk tetap menjual motor itu off the road. Mungkin pertimbangannya karena lebih simple. Apalagi berdasarkan pengalaman mereka hanya sedikit konsumen yang membeli motor enduro dengan surat-surat. Toh lumayan gila juga sih memakai motor enduro FE series sebagai motor dual sport karena sejumlah alasan yang sudah saya ungkapkan di artikel terpisah (Baca: Main Dual Spot Pakai Motor Enduro Eropa, Bisa Nggak Sih?).

Last… Nggak bisa dipungkiri FE 350 Dual Sport model year 2019 adalah motor yang sangat keren dan performanya sangat mumpuni. Maklum motor ini diturunkan dari basis motocross FC 350 model year 2018, tentunya dengan banyak banget ubahan agar karakter motor cocok dipakai di medan enduro dan dual sport. Tapi kita juga nggak bisa memungkiri kalau belum bisa menikmati FE 350 dalam wujud motor dual sport dengan berbagai macam alasan. Kalau temen-temen beli FE 350 ataupun FE series yang lain ya hanya bisa dipakai di medan off-road saja. Saat lewat jalan raya ya di-towing lah pakai mobil double cabin. Dijamin kegantengan meningkat 100%. Wkwkwkwkwk…

Advertisements