• Home »
  • Article »
  • Rally Dakar 2020 Digelar Sebanyak 12 Stage dengan Total Jarak 9.000 Km

Rally Dakar 2020 Digelar Sebanyak 12 Stage dengan Total Jarak 9.000 Km

Mulai tahun 2020 ajang balap rally paling kejam di dunia, Rally Dakar, akan pindah dari Amerika Selatan ke Arab Saudi. Bisa dibilang Arab Saudi merupakan lokasi ketiga Rally Dakar setelah pertama kali digelar di Afrika (waktu itu namanya Paris Dakar) dan kemudian pindah ke Amerika Selatan dalam satu dekade terakhir. Rencananya Rally Dakar di Arab Saudi digelar setidaknya selama lima tahun hingga 2024. Oh ya, baru-baru ini pihak penyelenggara melakukan pertemuan dengan partisipan dan berbagai macam pimpinan tim yang akan ikut serta di Perancis. Beruntung salah satu tim yang akan ikut dalam gelaran Rally Dakar 2020, Monster Energy Honda Team (HRC), membagikan sejumlah detail mengenai hasil pertemuan itu.

Sesuai dengan rilis yang saya terima dari Monster Energy Honda Team, mereka baru saja melakukan pertemuan di Institute of Arab World yang berada di Paris. Dalam pertemuan itu Race Director Rally Dakar 2020 David Castera memberikan konfirmasi bahwa Rally Dakar 2020 akan memiliki jarak tempuh sekitar 9.000 km yang ditempuh dalam 12 stage. Sayangnya hal-hal lain yang lebih detail masih belum diumumkan oleh Race Director, termasuk mengenai larangan melakukan latihan di Arab Saudi bagi seluruh tim dan peserta, kapan road book didistribusikan, dan adanya Super Marathon stage bagi peserta motor.

Lalu mengenai hal-hal lain yang dibahas dalam pertemuan itu antara lain berbagai macam kendaraan dan kebutuhan logistik dari peserta Rally Dakar 2020 akan diangkut menggunakan kapal laut dari pelabuhan yang berada di sebelah selatan Perancis menuju Arab Saudi. Para peserta kemudian akan menjemput barang-barang itu di Pelabuhan Jeddah persis pada tahun baru 2020. Acara seremonial pembukaan Rally Dakar 2020 sendiri memang akan digelar di Jeddah pada 4 Januari 2020. Pada 5 Januari 2020 para peserta baru akan memulai jalannya balapan. Rest day atau hari istirahat pada pertengahan lomba rencananya bertempat di Riyadh pada 11 Januari, serta podium final dan selebrasi dilakukan di Al Qiddiya pada 17 Januari 2020.

Monster Energy Honda Team sebagai salah satu tim besar di ajang balap rally dipastikan ikut serta di Rally Dakar 2020. Siapa saja rider yang dibawa oleh Monster Energy Honda Team di Rally Dakar 2020 tentu belum diumumkan. Tapi kemungkinan tidak jauh dari nama-nama yang sudah ada seperti Joan Barreda, Kevin Benavides, Ricky Brabec, dan Jose Ignacio Cornejo. Sebelum menghadapi Rally Dakar 2020, agenda terdekat bagi tim ini adalah ikut serta di seri kedua FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 di Silk Way Rally yang digelar di tiga negara, yaitu Rusia, Mongolia, dan China.

Advertisements