• Home »
  • Article »
  • Honda Masih Terus Jual Motor Unik, Nyentrik, dan Bertampang Jadul XR650L

Honda Masih Terus Jual Motor Unik, Nyentrik, dan Bertampang Jadul XR650L

Langkah yang sangat menarik dilakukan oleh Honda Amerika Serikat yang terus melakukan penjualan terhadap salah satu motor dual sport bertampang jadul, unik, dan nyentrik XR650L. Bisa dibilang XR650L itu adalah motor yang sangat bersejarah. Kenapa? Karena motor ini pertama kali dirilis pada tahun 1992 dan masih eksis sampai sekarang dengan spesifikasi yang masih cukup mirip dengan spesifikasi awal pertama kali motor diluncurkan. Kemudian motor ini juga sudah cukup banyak mendapatkan kemenangan di sejumlah ajang balap off-road.

Sebagai motor tua yang masih dijual versi barunya, tentu penampilan XR650L nggak punya kesan modern sama sekali. Tampangnya benar-benar jadul dengan bentuk lampu mengotak, tangki membulat berukuran besar hingga 11 liter, jok lumayan tebal untuk ukuran motor dual sport, dan kaca spion bulat. Bahkan bentuk front fender hingga knalpotnya pun memberikan kesan bahwa motor ini sangat jadul. Soal desain, nggak diragukan lagi XR650L sangat keren dengan aura vintage-nya itu. Malah motor ini nggak kalah keren dibandingkan dengan motor-motor jadul dari klan XR lainnya seperti XR250 dan XR400 series yang justru sudah lama telah disuntik mati.

Sebenarnya kesederhanaan XR650L nggak cuma terlihat dari penampilannya, tapi juga dari spesifikasinya. Bayangin aja, sejak diluncurkan pada tahun 1992 sampai dengan saat ini 2019 yang berarti telah berumur 27 tahun, XR650L masih tetap mengandalkan mesin sederhana satu silinder, SOHC, 4-tak, dan berpendingin udara dengan kapasitas mesin 644 cc. Mungkin ini yang disebut sebagai mesin big single. 644 cc tapi cuma pakai satu silinder. Nggak heran kalau diameter piston (bore) mencapai 100 mm dan panjang langkah (stroke) 82 mm. Kompresinya sendiri khas motor sederhana yang boleh dibilang tergolong kecil, hanya 8,3:1. Mesin ini pun hanya menggunakan gearbox 5-speed saja yang dihubungkan ke roda belakang menggunakan rantai 520 tipe O-ring dengan final gear 15-45T. Untuk sistem pembakarannya XR650L masih mengandalkan karburator. Menariknya adalah XR650L masih saja comply dengan regulasi emisi yang berlaku di seluruh negara bagian Amerika Serikat. Padahal ini adalah motor jadul dengan teknologi jadul yang biasanya sangat mudah dibunuh oleh regulasi emisi terbaru. Tapi sepertinya XR650L tergolong sebagai motor yang beda ya guys…

Oh ya, dengan kesederhanaan mesinnya, rider XR650L diberi kemudahan dalam melakukan perawatan mesin. Selain mudah juga murah sih, karena di sana nggak ada radiator, mesinnya tidak sekompleks mesin DOHC, namun tetap battle proven. Nggak ada lah istilahnya air radiator muncrat karena mesin kepanasan atau radiator bocor seperti halnya motor-motor lain yang menggunakan sistem pendingin radiator. Meskipun pakai mesin sederhana, tapi tentunya XR650L bisa melaju kencang dan nyaman di jalan raya. Begitu jalan aspal telah habis dan bertemu dengan jalur off-road, rider nggak perlu ragu-ragu dalam menggeber motor ini lantaran XR650L punya power dan torsi yang sangat memadai.

Kesederhanaan dan tampang jadul XR650L semakin lengkap karena motor ini masih setia dengan suspensi depan model teleskopik khas motor vintage enduro atau vintage dual sport. Walaupun suspensinya masih teleskopik, tapi diameter tabungnya sudah lumayan gede, yaitu 43 mm. Belum lagi suspensi dengan merek Showa ini sudah dilengkapi dengan 16 pilihan compression-damping. Sementara itu suspensi belakang menggunakan mono shock bermerek Showa lengkap dengan linkage Pro-Link khas Honda yang bisa disetel dengan 20 pilihan compression-damping dan 20 pilihan rebound-damping.

Ya kalau menurut saya XR650L itu adalah motor idaman bagi kalangan penggemar dual sport, terutama dual sport bertampang jadul. Penampilannya begitu menggoda, kapasitas tangki bahan bakar gede, suspensi nyaman, perawatan mudah dan murah, dan yang nggak kalah menarik XR650L secara standar sudah dilengkapi ban off-road tulen ring 18-21 inch. Mau dipakai di aspal oke, dihajar di jalur off-road nggak masalah. Meskipun tentu bukan jalur off-road yang sangat berat karena bobot motor ini tergolong lumayan, sekitar 158 kg. Buat menjelajah jalanan Indonesia sampai ke pedalaman rasanya sangat pas. Tapi persoalannya motor ini nggak masuk ke Indonesia secara resmi lewat ATPM. Temen-temen pun nggak perlu mimpi PT Astra Honda Motor (AHM) masukin motor ini ke Tanah Air. Nggak akan pernah! Satu-satunya jalan untuk mendapatkan XR650L adalah memesan lewat importir umum. Di Amerika Serikat XR650L dijual dengan harga USD 6.999 atau kurang lebih setara dengan Rp 100 juta. Misal beli dari importir umum apes-apesnya kena Rp 200 juta lah. Tertarik?

Advertisements