Ada Sinyalemen Kawasaki KLX230R Diperkenalkan di PRJ 2019

Hello guys… Seperti diketahui Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sedang menyiapkan motor trail baru yang diyakini sebagai KLX230. Dari foto yang dibocorkan oleh Motorplus, sangat gamblang terlihat di sana kalau tipe motornya adalah KLX230R yang bergenre motor off-road tulen. Nggak ada lampu-lampu, nggak ada konsol speedometer, nggak ada kaca spion, dan berbagai macam kelengkapan lainnya. Motornya sangat simple khas motor off-road tulen lengkap dengan ban off-road 18-21 inch, suspensi depan masih teleskopik, suspensi belakang mono shock dengan piggyback reservoir, footpegs lebar bergerigi tanpa karet, tuas gigi model lipat, dan kalau diperhatikan swing arm sudah terbuat dari bahan aluminium. Bisa jadi KLX230R merupakan versi performance yang punya bobot enteng. Terus kapan KLX230R dirilis?

Oh ya, dari sejumlah bocoran terpantau KLX230R menggunakan mesin 233 cc SOHC, 4-tak, 2-klep dan berpendingin udara yang mampu memuntahkan tenaga sebesar 20,1 HP. Mesin ini kemudian dipadu dengan sistem pembakaran injeksi agar comply dengan regulasi emisi yang berlaku di berbagai macam negara, tidak terkecuali Amerika Serikat yang terkenal punya regulasi sangat ketat. Mengenai sasis, sepertinya nggak jauh berbeda dibandingkan dengan KLX140/KLX150. Jadi sangat mungkin KLX230 adalah KLX140/KLX150 yang diganti mesinnya dengan 233 cc, tentu dengan sejumlah penyesuaian ya!

Lha berarti KLX230 itu motor off-road tulen dong? Untuk KLX230R dipastikan iya motor off-road tulen yang nggak legal dipakai di jalan raya. Tapi ada sinyalemen Kawasaki akan mengeluarkan versi dual sport alias street legalnya. Mungkin dinamai KLX230 (polos) atau KLX230S. Bukan mustahil pula diberi nama lainnya yang masih belum diketahui dengan jelas sampai saat ini. Strateginya sangat mirip dengan di kelas 150 cc, di mana ada KLX140G yang dirancang khusus untuk off-road dengan bobot yang sangat enteng dan performa lebih baik dan kemudian ada KLX150 series sebagai versi street legal dengan bobot lebih berat dan menggunakan part-part yang disesuaikan sebagai motor jalan raya. Terbuka peluang juga Kawasaki merilis KLX230 versi supermoto dengan nama D-Tracker 230.

Belakangan tersiar kabar yang menyebutkan bahwa KLX230 akan diluncurkan dalam waktu yang sangat dekat. Nggak perlu menunggu hingga akhir tahun 2019 atau malah 2020. Kenapa? Karena ada sinyalemen Kawasaki Motor Indonesia akan meluncurkan KLX230 di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) atau dulu disebut dengan Pekan Raya Jakarta (PRJ) pada 22 Mei sampai dengan 30 Juni 2019 mendatang di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta. Tapi nggak tahu deh tipe apa yang diluncurkan Kawasaki di PRJ nanti. Apakah cuma KLX230R atau sekalian dengan versi dual sport dan supermotonya? Kita lihat saja nanti ya!

Advertisements