Begini Tampang Keren KTM Enduro Six Days Portugal Model Year 2020

Setiap tahun KTM selalu rutin meluncurkan motor enduro generasi terbaru, baik versi standar maupun versi special edition. Pada motor enduro model year 2020, KTM memperkenalkan tujuh varian motor enduro versi standar, antara lain KTM 150 EXC TPI, KTM 250 EXC TPI, dan KTM 300 EXC TPI yang semuanya menggunakan mesin 2-tak dengan sistem pembakaran injeksi TPI (Transfer Port Injection), serta empat varian lainnya dengan mesin 4-tak yaitu KTM 250 EXC-F, KTM 350 EXC-F, KTM 450 EXC-F, dan KTM 500 EXC-F. Lalu bagaimana dengan motor enduro special edition model year 2020?

Seperti biasa, yang namanya motor enduro special edition dari KTM dipastikan mengusung label “Six Days”. Sebenarnya nama Six Days itu berasal dari sebuah event balap Classic Enduro bernama International Six Days Enduro (ISDE) yang digelar rutin setiap tahun dengan lokasi balap yang berpindah-pindah. Masing-masing negara boleh mengajukan diri sebagai tuan rumah ISDE karena ini bisa dibilang olimpiade bagi balapan enduro di mana masing-masing rider tidak mewakili sebuah tim yang biasa dia bela, melainkan mewakili negara. Kalau di sepak bola ya mirip seperti Piala Dunia. Satu hal yang menarik adalah pada setiap tahun gelaran ISDE, lebih dari 50% peserta menggunakan motor orange khas KTM sehingga cukup lumrah kalau brand asal Austria akhirnya rutin mengeluarkan motor enduro edisi spesial Six Days setiap tahunnya.

Nah, pada motor enduro model year 2020 ini KTM mengeluarkan motor enduro edisi spesial “Six Days Portugal”. Kenapa? Karena Portugal menjadi tuan rumah ISDE 2019 yang digelar pada 11-16 November 2019 di Portimao. Makanya jangan heran kalau KTM Enduro Six Days Portugal model year 2020 dilabur dengan grafis yang bercorak bendera Portugal, mengkombinasikan warna merah dan hijau yang dominan, meskipun di sana juga ada aksen warna putih dan hitam. Dengan warna grafis ini penampilan KTM Enduro Six Days Portugal model year 2020 lumayan berbeda dibandingkan dengan KTM Enduro model year 2020 versi standar.

Mungkin temen-temen banyak yang penasaran nih apa beda motor enduro KTM yang standar dibandingkan dengan versi Six Days Portugal. Dari segi basic mesin, sasis, dan suspensi bisa dibilang keduanya sangat identik. Nggak ada bedanya malah… Beda yang cukup terlihat versi Six Days menggunakan sasis berwarna orange khas KTM sedangkan versi standar pakai sasis berwarna hitam. Itu membuat aura KTM di versi Six Days menjadi lebih kental. Sasis itu dibalut dengan frame guard berwarna hitam. Kemudian versi Six Days pakai triple clamps CNC berwarna orange anodize dan sprocket Supersprox berwarna orange. Kalau nggak salah ban dan velg beda, sarung jok beda, dan di Six Days sudah ada tombol engine mapping untuk memilih karakter kebuasan mesin. Terus di bawah mesin terpasang skid plate yang melindungi mesin dari benturan dan stang ada logo Six Days-nya. Sebenarnya berbagai macam part yang terpasang di KTM Enduro Six Days bisa dibeli terpisah dalam katalog KTM PowerParts. Mengenai apa-apa saja ubahan di motor ini, temen-temen bisa baca di artikel sebelumnya.

Menurut rencana, hanya akan ada enam varian KTM Enduro Six Days Portugal model year 2020 antara lain KTM 250 EXC TPI Six Days Portugal, KTM 300 EXC TPI Six Days Portugal, KTM 250 EXC-F Six Days Portugal, KTM 350 EXC-F Six Days Portugal, KTM 450 EXC-F Six Days Portugal, dan KTM 500 EXC-F Six Days Portugal. Yups, varian paling kecil KTM 150 EXC TPI memang nggak ada versi Six Days-nya sejak dulu. Biasanya sih yang masuk ke Indonesia lebih banyak yang versi Six Days daripada versi standar. Kemungkinan besar deretan motor enduro terbaru dari KTM ini masuk ke Indonesia sekitar semester kedua 2019 nanti bro!

Advertisements