KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo Hanya Diproduksi 500 Unit, Ayo Serbu!

Aksi KTM tahun 2019 ini memang cukup cadas… KTM baru saja meluncurkan motor enduro model year 2020 versi standar dan motor enduro edisi spesial Six Days Portugal model year 2020. Motor enduro versi standar ada KTM 150/250/300 EXC TPI yang bermesin 2-tak dan ada KTM 250/350/450/500 EXC-F dengan mesin 4-tak. Kemudian versi Six Days terdiri dari KTM 250/300 EXC TPI yang mengandalkan mesin 2-tak dan KTM 250/350/450/500 EXC-F dengan mesin 4-tak. Belum cukup sampai di situ, KTM juga memproduksi motor enduro limited edition KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo!!

Namanya juga limited edition, KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo diproduksi dalam jumlah yang sangat terbatas. Menurut keterangan resmi KTM, mereka hanya memproduksi dan menjual KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo sebanyak 500 unit saja. Tidak kurang dan tidak lebih. Motor ini diproduksi untuk memperingati gelaran kompetisi Extreme Enduro ErzbergRodeo (Red Bull Hare Scramble) yang ke-25 pada tahun 2019 ini. Mungkin ada pertanyaan kenapa mesti versi 300 2-tak yang dibikin sebagai produk limited edition ErzbergRodeo?

Alasannya menurut KTM, mesin 300 2-tak adalah monster di kompetisi Extreme Enduro dengan bobot yang sangat ringan, kencang, serta punya power dan torsi yang besar. Bahkan motor ini diklaim sanggup melibas rute yang paling ekstrem sekalipun. Memang nggak bisa dipungkiri hampir semua rider Extreme Enduro top dunia lebih memilih menggunakan mesin 300 2-tak dibandingkan dengan mesin 250 2-tak ataupun mesin 4-tak, tidak terkecuali rider-rider yang membalap dengan motor KTM.

Pada dasarnya KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo model year 2020 merupakan KTM 300 EXC TPI Six Days model year 2020 yang menggunakan corak grafis berbeda kemudian diberi sejumlah gimmick dari KTM PowerParts. Lihat saja frame dilabur dengan warna orange sama seperti KTM 300 EXC TPI Six Days dengan tambahan frame guard berwarna hitam, sudah terpasang skid plate, triple clamps CNC berwarna orange anodize, gear belakang menggunakan merek Supersprox berwarna orange, serta ban dan velg yang sama dengan versi Six Days. Kalaupun ada perbedaan itu terletak di warna grafis, di mana versi ErzbergRodeo dilabur dengan grafis yang cukup unik. Warnanya apa ya ini? Agak susah diungkapkan ya… Itu ada warna putih, orange, dan yang paling dominan itu warna coklat atau apa yah? Di bagian body samping belakang ada logo ErzbergRodeo, lalu di bagian shroud tercetak tulisan “XX5” yang mengindikasikan ulang tahun ke-25 kompetisi ErzbergRodeo.

Selain itu, KTM 300 EXC TPI ErzberRodeo menggunakan sarung jok khusus yang berbeda dibandingkan dengan KTM 300 EXC TPI standar maupun KTM 300 EXC TPI Six Days, terpasang handlebar dengan logo ErzbergRodeo, menggunakan hub roda alias tromol CNC berwarna orange anodize, pelindung cakram rem belakang CNC berwarna orange anodize, dan pelindung cakram rem depan berwarna hitam yang menutup lebih dari tiga perempat piringan cakram. Semua komponen ini berbeda atau malah tidak ada di versi standar dan Six Days. Selebihnya mengenai spesifikasi mesin, sasis, suspensi, dan lain-lain dijamin sama persis. Satu hal lagi, part-part yang terpasang di KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo seperti hub CNC, triple clamps CNC, skid plate, frame guard, sprocket, pelindung cakram, dan lain-lain sebenarnya bisa dibeli di katalog KTM PowerParts. Tapi masalahnya grafis Erzberg ini yang nggak bisa dibeli di sana.

Dengan jumlah produksi yang sangat terbatas, sepertinya KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo bakal menjadi buruan para kolektor motor enduro. Jarang-jarang KTM mengeluarkan produk limited edition. Apalagi ini limited edition dalam rangka memperingati ulang tahun ke-25 salah satu kompetisi Extreme Enduro paling beken di dunia. Saya aja nggak begitu yakin apakah bakal ada KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo yang masuk ke Indonesia meskipun hanya satu atau dua unit saja. Sangat mungkin Erzberg akan ludes dalam waktu sekejap. Kalau yang versi Six Days sih pasti masuk ke Indonesia dalam jumlah masif. Kebiasaan KTM Indonesia lebih banyak menjual versi Six Days daripada versi standar.

Advertisements