KTM Umumkan Motor Dual Sport MY2020, Hanya Ada Versi 350 dan 500

Lineup motor trail KTM memang banyak banget meskipun dibangun dari basis mesin, sasis, dan suspensi yang sama. Belum lama ini KTM mengumumkan deretan motor enduro terbaru model year 2020, diikuti dengan motor enduro edisi spesial Six Days Portugal model year 2020, dan motor enduro limited edition KTM 300 EXC TPI ErzbergRodeo model year 2020. Tapi selain motor-motor yang sudah disebutkan tadi, KTM juga merilis motor dual sport model year 2020 khusus untuk market Amerika Serikat. Seperti apa modelnya?

Sejauh ini KTM baru mengumumkan dua varian motor dual sport generasi terbaru model year 2020, yaitu KTM 350 EXC-F Dual Sport dan KTM 500 EXC-F Dual Sport. Biasanya KTM juga mengeluarkan versi 250 dan 450, tapi sekarang keduanya belum diumumkan. Pada dasarnya KTM 350/500 EXC-F Dual Sport punya desain dan spesifikasi yang sangat identik dengan versi enduro KTM 350/500 EXC-F. Bedanya pada versi dual sport telah dilengkapi dengan kaca spion, lampu-lampu yang lengkap termasuk lampu sein pun ada, rear fender berukuran besar yang berfungsi sebagai dudukan plat nomor polisi, dan pada versi dual sport itu menggunakan ban dual purpose Continental TKC80, bukan pakai ban off-road tulen. Apa tujuannya? Agar motor ini lolos regulasi emisi suara yang berlaku di Amerika Serikat. Bukan rahasia lagi penggunaan ban off-road tulen akan membuat suara mesin plus ban menjadi jauh lebih bising ketika dipakai di jalan aspal. Beda dengan suara ban dual purpose yang lebih senyap. Namanya motor dual sport kan harus bisa dipakai di dua alam, on-road dan off-road, jadi ketika dipakai di jalan raya juga mesti sesuai dengan peraturan lalu lintas yang sudah ditetapkan oleh negara.

Karena dibangun dari basis motor enduro KTM 350/500 EXC-F model year 2020, maka KTM 350/500 EXC-F Dual Sport secara otomatis mendapatkan update yang sama seperti versi enduro. Sebut saja bagian mesin mendapatkan update sehingga bobotnya lebih ringan sekaligus lebih powerful, menggunakan sasis baru yang dipadu dengan upgrade suspensi WP XPLOR di bagian depan, suspensi belakang tetap menggunakan WP PDS, handling menjadi lebih baik, penampilan bodywork baru, filter udara baru, sistem pendingin radiator baru, dan sistem knalpot juga baru. Sejumlah ubahan ini kemudian dipadukan dengan part-part berkualitas tinggi seperti handlebar buatan NEKEN, rem Brembo, footpegs No-Dirt, tromol roda CNC, dan rim buatan GIANT yang sudah menjadi perlengkapan standar ketika motor keluar dari pabrik.

Oh ya, pada model year 2020 ini selain mengeluarkan KTM 350/500 EXC-F Dual Sport versi standar, pabrikan asal Austria juga mengeluarkan versi Six Days, yaitu KTM 350/500 EXC-F Six Days Portugal Dual Sport. Versi Six Days menggunakan frame yang dilabur warna kuning lengkap dengan frame guard berwarna hitam karbon, triple clamps CNC berwarna orange anodize, sprocket dari Supersprox berwarna orange, sarung jok yang berbeda dengan versi standar, handlebar ada logo Six Days, sudah dilengkapi dengan skid plate yang bisa melindungi mesin, dan tentunya warna grafis khusus untuk menyambut ajang balap International Six Days Enduro (ISDE) 2019 di Portugal pada bulan November mendatang. Tapi sayangnya KTM 350/500 Dual Sport nggak masuk ke Indonesia, karena yang masuk ke Indonesia cuma yang versi enduro. Itupun lebih banyak enduro Six Days ketimbang enduro standar. Kalau memang ngebet motor dual sport dari KTM, yang dijual di Indonesia itu cuma ada KTM 690 Enduro R.

Advertisements