• Home »
  • Article »
  • KLX230 Diproduksi Secara Lokal di Indonesia, Bakal Diekspor ke Amerika

KLX230 Diproduksi Secara Lokal di Indonesia, Bakal Diekspor ke Amerika

KLX230 menjadi motor terbaru Kawasaki yang diluncurkan di Indonesia baru-baru ini. KLX230 akan menemani KLX150 dan KLX250 dalam menggedor market motor trail dual sport di Tanah Air. Ternyata ada fakta yang cukup menarik nih guys mengenai KLX230 dari PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Apa itu? Yups, KLX230 rupanya merupakan produk lokal yang diproduksi oleh Kawasaki di Indonesia. Tapi motor ini nggak cuma untuk market Indonesia saja, melainkan diracang sebagai produk global yang akan diekspor ke sejumlah negara, termasuk Negeri Paman Sam – Amerika Serikat!

Kawasaki Motor Indonesia memang bukan pertama kalinya memproduksi produk global. Kepanjangan tangan dari Kawasaki Jepang di Indonesia itu sudah memproduksi sejumlah produk Kawasaki seperti KLX150, Ninja 250 SL, Z250SL, Ninja 125, dan Z125. Plus yang terakhir adalah KLX230. Malah pada case Ninja 125 dan Z125, Kawasaki Motor Indonesia hanya memproduksinya saja tanpa menjual produk ini secara lokal di Indonesia. Alasannya Ninja 125 dan Z125 diproduksi khusus untuk memenuhi kebutuhan market Eropa. So, kemampuan Kawasaki Motor Indonesia dalam memproduksi motor-motor berkualitas tinggi nggak perlu diragukan lagi.

Kembali ke KLX230… Meskipun diproduksi di Indonesia dengan banyak konten lokal, namun dari informasi yang saya dapatkan mesin KLX230 masih belum diproduksi di sini. Terus dari mana mas? Dari Thailand! Nggak tahu deh apakah mesin KLX230 didatangkan gelondongan utuh dari Thailand atau dalam bentuk printilan part-part kecil-kecil kemudian baru dirakit di Indonesia. Tapi yang pasti ada informasi yang menyebutkan bahwa mesin KLX230 belum diproduksi langsung oleh Kawasaki Motor Indonesia.

Kemudian dari berita yang saya kutip dari detikOto, disebutkan oleh Head & Sales Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia Pak Michael Chandra Tanadhi, KLX230 dikembangkan oleh Kawasaki selama dua tahun dan menggunakan data hasil survei berdasarkan masukan-masukan dari para penggemar off-road di Tanah Air. Jadi sepertinya Kawasaki benar-benar memantau apa-apa saja keluhan atau permintaan dari kalangan penyemplak KLX150, kemudian mewujudkannya di KLX230. Contohnya tenaga yang kurang pada KLX150 di atasi dengan mesin lebih besar di KLX230. Terus banyak konsumen yang mengeluhkan suspensi depan upside down KLX150 BF kurang nyaman, lebih enakan suspensi teleskopik KLX150L (versi lawas), dituruti oleh Kawasaki dengan memasang suspensi teleskopik pada KLX230 tanpa ada opsi suspensi upside down. Nice!

“KLX230 merupakan motor hasil survei dan studi yang cukup lama yaitu dua tahun dari para pecintanya, khususnya di Indonesia. Banyak masukan juga dari mereka. (KLX230) Ini berbeda dari 150 dan 250, karena mesin benar-benar baru, cetakannya baru. Kita akan lakukan ekspor motor ini ke Benua Amerika, khususnya ke Amerika Serikat,” ungkap Pak Chandra.

Meskipun demikian, kemungkinan unit KLX230 yang diekspor ke Amerika Serikat bakal agak berbeda dibandingkan dengan KLX230 di Indonesia. Untuk market Amerika Serikat, motor yang diekspor adalah KLX230R yang khusus buat off-road. KLX230R ini nggak dilengkapi dengan lampu-lampu, nggak ada kaca spion, nggak ada konsol speedometer, nggak ada dudukan nomor polisi, dan berbagai macam kelengkapan lainnya. Praktis motornya terlihat brondol dan sangat simple khas motor off-road/cross. Kemudian KLX230R sudah dilengkapi dengan ban off-road tulen, footpegs bergerigi yang lebar, tuas transmisi model lipat, final gear ratio lebih besar, pakai swing arm aluminium sehingga bobotnya lebih ringan, suspensi belakang mono shock dengan piggyback reservoir, dan konon kabarnya punya power mesin yang sedikit lebih tinggi. Di sisi lain KLX230 yang ada di Indonesia dilengkapi dengan berbagai macam komponen pendukung agar motor legal dipakai di jalan raya (Baca: Spesifikasi Komplit Kawasaki KLX230). Sudah lazim kok Kawasaki membuat dua versi motor trail (dual sport & pure dirt bike). Misal di kelas 150, ada KLX150 untuk versi dual sport dan ada KLX140G untuk mengisi market pure dirt bike. Semoga saja KLX230R nanti juga dijual di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan para penggemar off-road ya!

Advertisements