Selain AS, Kawasaki KLX230 Buatan Indonesia Juga Diekspor ke Eropa

Guys… Indonesia nggak cuma menjadi negara pertama yang meluncurkan motor trail dual sport Kawasaki KLX230. Ternyata Indonesia juga akan menjadi pusat produksi KLX230. Nggak cuma buat market lokal, tapi juga untuk market global. Benar sekali, KLX230 rencananya bakal diekspor ke sejumlah negara di dunia dengan basis produksi ada di pabrik milik Kawasaki Motor Indonesia yang berada di Tanah Air. Setidaknya sudah ada dua negara yang bisa dipastikan mengambil KLX230 dari Indonesia. Negara mana saja?

Di artikel-artikel sebelumnya kita sudah bisa memastikan Benua Amerika bakal kebagian KLX230, tepatnya adalah Amerika Serikat. Tapi Amerika Serikat nggak mendapatkan unit KLX230 yang identik dengan Indonesia. KLX230 yang diekspor ke Amerika Serikat rencananya adalah versi off-road. Namanya bukan KLX230, melainkan KLX230R. Kode “R” di belakang KLX230 mengindikasikan bahwa motor itu lebih mengedepankan performa. Sejumlah bocoran menyebutkan bahwa KLX230R memiliki power 20,11 HP, yang artinya lebih tinggi dibandingkan dengan KLX230 versi dual sport (street legal) yang besarannya 18,77 HP. Kemudian KLX230R nggak dilengkapi dengan lampu-lampu, tanpa konsol speedometer, tanpa kaca spion, tanpa plate holder, dan lain-lain. Jadi brondolan dan simple khas motor off-road tulen. Jangan heran kalau nanti bobot KLX230R jauh lebih enteng daripada KLX230, apalagi versi off-road tulen dilengkapi dengan swing arm aluminium. Ban yang terpasang di KLX230R merupakan ban off-road tulen, footpegs bergerigi yang lebih lebar, tuas gigi model lipat, dan suspensi belakang dilengkapi piggyback reservoir (tabung).

Selain Amerika Serikat, belakangan muncul satu negara lagi yang rencananya mengambil KLX230 dari Indonesia. Negara berasal dari Benua Eropa, yaitu Swedia. Berbeda dengan Amerika Serikat yang mengambil KLX230R alias versi off-road, Swedia akan memasarkan KLX230 versi dual sport yang identik dengan yang dijual oleh Kawasaki Motor Indonesia di Tanah Air. Desain, spesfikasi, dan berbagai macam fitur dijamin sama persis dengan KLX230 versi Indonesia. KLX230 bisa tembus ke market Eropa juga berkat pengaplikasian sistem pembakaran injeksi sehingga comply dengan standar regulasi emisi Euro 4 yang berlaku di Benua Biru. Toh seperti kita ketahui KLX230 juga lolos uji emisi di California Air Resources Board (CARB) dan mendapatkan green sticker. Kalau lolos CARB sih harusnya Euro 4 pun lolos.

Oh ya… Ada satu fitur yang ada di KLX230 versi Eropa namun nggak ada di KLX230 versi Indonesia. Apa itu? Fitur pada sistem pengereman, yaitu Anti-Lock Braking System (ABS). Yes, ABS sudah menjadi piranti standar di KLX230 versi Eropa. Bahkan KLX230 menjadi motor dual sport pertama dari Kawasaki yang mendapatkan sistem pengereman ABS. Bukan rahasia lagi motor di atas 125 cc yang dijual di Eropa wajib menggunakan rem ABS. Jadi kalau Kawasaki ingin menjual KLX230 di sana ya mesti mengikuti regulasi setempat. Kalau di Indonesia belum ada regulasi seperti itu. Tapi bukan mustahil ke depan Kawasaki juga menjual KLX230 ABS di Indonesia. Buat yang pengen tahu spesifikasi lengkap KLX230 bisa dibaca di artikel-artikel sebelumnya ya! Aneka pilihan warna KLX230 dan harga KLX230 juga ada komplit kok di artikel terdahulu…

Advertisements