• Home »
  • Article »
  • Saat Husqvarna FX 450 Digelandang di Atas Mesin Dyno, Tenaganya Monster!

Saat Husqvarna FX 450 Digelandang di Atas Mesin Dyno, Tenaganya Monster!

Sama dengan KTM, Husqvarna memiliki lineup dirt bike yang amat sangat lengkap. Ada motocross (TC & FC) dan enduro (TE & FE), tapi di tengah-tengah antara motocross dan enduro itu ada juga motor dengan genre cross-country yang menggunakan kode TX untuk mesin 2-tak dan FX dengan mesin 4-tak. Bisa dibilang motor cross-country Husqvarna itu merupakan perpaduan antara motocross dan enduro. Lihat saja, mesin menggunakan gearbox 5-speed ala motocross, namun ban belakang menggunakan ring 18 inch ala motor enduro. Tentu nggak cuma itu karena Husqvarna juga menyesuaikan berbagai macam hal agar TX dan FX series cocok dipakai di medan cross-country yang agak berbeda karakternya dibanding motocross dan enduro.

Kalau saya nggak salah, popularitas terbesar motor cross-country itu ada di Ameriak Serikat dan salah satu motor cross-country dari Husqvarna yang cukup menjadi idola adalah FX 450 yang mengandalkan mesin 449,9 cc satu silinder, SOHC, 4-tak, dan berpendingin radiator. Husqvarna mengklaim mesin 450 cc milik FX 450 sanggup memuntahkan tenaga maksimal sebesar 63 HP. Tapi perlu dicatat, tenaga yang diklaim oleh pabrikan itu lazimnya diukur on crank. Terus seberapa besar power FX 450 kalau diukur on wheel di atas mesin dyno?

Beruntung sekali Dirtrider.com baru saja mempublikasikan hasil pengukuran power Husqvarna FX 450 model year 2019 di atas mesin dyno buatan Dynojet. Dari hasil pengukuran itu didapatkan power maksimal FX 450 di roda tembus 52,34 HP di putaran mesin 9.360 rpm. Hasil itu menunjukkan tenaga FX 450 memang monster. Gede banget!! Angka 52,34 HP memang lebih kecil dibandingkan dengan klaim pabrikan sebesar 63 HP. Sangat wajar tenaga on wheel lebih kecil dibandingkan dengan tenaga on crank. Tapi 52,34 HP juga bukan angka yang kecil kan? Nggak cuma itu, torsi FX 450 model year 2019 pun sangat buas karena mencapai 46 Nm di putaran mesin 6.800 rpm. Sadis lah!

Advertisements