Inspirasi Modifikasi KLX230 Ala Pabrikan Kawasaki Motor Indonesia

Kawasaki KLX230 sebenarnya dilahirkan dalam kondisi yang sudah lumayan ganteng. Tapi sudah lazim konsumen di Tanah Air nggak puas dengan penampilan standar KLX230. Dengan segudang alasan mulai dari biar penampilan berbeda, lebih keren, dan cocok sesuai dengan kebutuhan, mereka melakukan modifikasi pada motor. Saat launching beberapa waktu yang lalu, Kawasaki Motor Indonesia (KMI) sebagai produsen KLX230 pun memberikan inspirasi modifikasi bagi para konsumen. Seperti apa modifikasi KLX230 ala pabrikan Kawasaki Motor Indonesia?

Kalau dilihat sekilas KLX230 sudah tampil keren menggunakan desain yang masih segaris dengan KLX150 BF ataupun KLX150 generasi sebelumnya. Bahkan mungkin banyak part yang bisa saling berbagi antara KLX150 dan KLX230, ntah itu aksesoris modifikasi dari pihak ketiga maupun yang barang OEM. Nah, pada KLX230 yang ditampilkan di Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2019, Kawasaki melakukan sejumlah ubahan pada motor tersebut. Yang pertama paling kentara ada di sisi grafis. Kemudian headlight standar KLX230 yang terlihat aneh karena kebesaran juga diganti. Sepertinya Kawasaki memanfaatkan headlight aftermarket. Di bagian stang terpasang hand guard merek Acerbies berwarna putih plus stang premium bermerek Renthal. Frame guard dan skid plate pun sudah terpasang dengan manis.

Belum cukup sampai di situ, Kawasaki membekali KLX230 modifikasi ini dengan selang rem berwarna hijau dan sprocket yang lebih besar juga dengan warna hijau. Plate holder yang berukuran jumbo untuk menempatkan plat nomor polisi dilengserkan, diganti dengan yang lebih simple dan kecil lengkap dengan tail light kecil. Lampu sein masih tetap dipertahankan namun dengan ukuran yang lebih kecil. Agar aura off-road semakin kental, Geng Ijo melengserkan ban standar dual purpose lalu menggantinya dengan ban off-road tulen tetap dengan ukuran 18-21 inch. Selebihnya dalam kondisi standar. Bahkan knalpot pun masih standar ting-ting. Mungkin bakal lebih keren kalau knalpot diganti dengan model free flow biar suara lebih gahar dan performa meningkat. Tapi ini khusus untuk penggunaan di jalur off-road saja ya! Kalau cuma dipakai di jalan raya mending tetap mempertahankan knalpot standar.

Advertisements