Sederet Rider Top KTM Factory Racing Siap Gempur Iron Giant

Tanpa terasa kompetisi World Enduro Super Series (WESS) 2019 sudah memasuki seri yang ketiga dari total rencana delapan seri yang diperlombakan sepanjang musim ini. Setelah bertarung di serial perdana dengan genre Extreme Enduro, Extreme XL Lagares di Portugal, dilanjutkan dengan Classic Enduro Trefle Lozerien AMV di Perancis, seri ketiga WESS 2019 akan diisi oleh balap Extreme Enduro yang cukup fenomenal dan sudah eksis sejak 25 tahun yang lalu, yaitu ErzbergRodeo alias Red Bull Hare Scramble yang digelar di Austria.

Kenapa kok ErzbergRodeo begitu fenomenal dan sangat dinantikan? Alasannya tentu karena ErzbergRodeo digelar di lokasi yang sangat unik, di area pertambangan terbuka bernama Erzberg yang berada di wilayah Eisenerz (Styria), kurang lebih 260 km dari Vienna yang menjadi ibu kota Austria. Pertambangan Erzberg memproduksi 2,153 juta bijih besi per tahun sekaligus diperkirakan memiliki cadangan 235 juta ton bijih besi. Nggak heran kalau area pertambangan Erzberg juga dikenal dengan sebutan Iron Giant. Alasan berikutnya, kompetisi Extreme Enduro di ErzbergRodeo punya karakter jalur yang sangat khas dan sangat ekstrem. Bahkan mungkin menjadi salah satu yang paling ekstrem di dunia. Tanjakan-tanjakannya luar biasa terjal, malah nyaris vertikal. Belum lagi sejumlah jalur yang disebut Carl’s Dinner dan Green Hell menjadi momok yang cukup menakutkan bagi para peserta.

Meskipun tantangan yang harus dihadapi oleh peserta tergolong berat, namun sederet rider dari tim KTM Factory Racing sudah sangat siap menghadapi kompetisi di Iron Giant. Tim Red Bull KTM Factory Racing secara resmi menugaskan empat orang rider, antara lain Taddy Blazusiak, Jonny Walker, Josep Garcia, dan Nathan Watson. Taddy Blazusiak dan Jonny Walker punya pengalaman segudang dalam melahap jalur ekstrem Erzberg. Malah keduanya masuk sebagai legenda hidup ErzbergRodeo. Taddy Blazusiak pernah menjaurai kompetisi ini sebanyak lima kali secara beruntun, sekaligus menjadi rider yang paling banyak mengoleksi kemenangan di Erzberg. Lalu Jonny Walker juga nggak kalah mentereng dengan mengoleksi tiga gelar juara. Kedua rider ini menargetkan bisa kembali menjadi rider terkencang di ErzbergRodeo 2019. Sementara Josep Garcia yang tahun lalu hanya berhasil menempati posisi ke-17 dan Nathan Watson yang gagal finish sesuai dengan batasan waktu yang telah ditetapkan, berharap tahun ini bisa meraih hasil yang lebih baik.

Selain menugaskan empat rider official yang ikut dalam semusim penuh kompetisi WESS 2019 yang sudah disebutkan di atas, KTM menerjunkan rider dari tim FMF KTM Factory Racing Cody Webb yang tahun lalu gagal tampil karena mengalami cidera saat menjalani sesi Prologue. Cody Webb pun memasang target yang cukup tinggi di tahun 2019 ini. Dua kali peraih podium ErzbergRodeo ini berharap bisa menjadi rider asal Amerika Serikat pertama yang mampu menjadi juara di Iron Giant.

Ternyata masih ada lagi rider yang KTM yang ikut ambil bagian di ErzbergRodeo 2019. Rider yang bernaung di tim KTM Factory Racing namun sebenarnya biasa membalap di ajang rally, Laia Sanz, juga akan bertarung di Iron Giant. Wanita yang telah sukses finish sembilan kali di ajang balap Rally Dakar ini sudah berlatih keras Extreme Enduro dalam beberapa bulan terakhir untuk menghadapi kompetisi enduro yang kejam ini. Target Laia Sanz yang kesehariannya terbiasa dengan motor KTM 450 RALLY tapi di ErzbergRodeo dibekali dengan KTM 300 EXC TPI ini sebenarnya nggak muluk-muluk. Sanz hanya ingin menjadi rider wanita pertama yang bisa finish di ErzbergRodeo.

Masih ada lagi yang lainnya? Secara official KTM Factory Racing menurunkan empat plus dua rider tambahan di ErzbergRodeo 2019. Cody Webb dan Laia Sanz bukanlah rider permanen di serial WESS 2019. Mereka berdua hanya ikut di seri-seri tertentu, salah satunya ya ErzbergRodeo 2019 ini. Tapi ada satu lagi rider KTM yang nggak boleh dipandang sebelah mata. Dia adalah Manuel Lettenbichler yang tahun lalu sukses mendapatkan podium ketiga ErzbergRodeo dan meraih posisi kedua dalam serial WESS 2018. Sayangnya Manni bukanlah rider tim factory KTM. Putra dari Andreas Lettenbichler ini tergolong sebagai rider tim privateer, namun sepertinya doi mendapatkan support yang cukup besar dari KTM. Boleh dibilang factory supported rider lah. Lihat saja nanti Manni akan berada satu paddock dengan Taddy Blazusiak, Jonny Walker, Josep Garcia, Nathan Watson, Cody Webb, dan Laia Sanz di paddock milik Red Bull KTM Factory Racing seperti di dua seri WESS 2019 sebelumnya.

Oh ya… ErzbergRodeo sendiri akan digelar selama empat hari mulai hari ini, 30 Mei sampai dengan 2 Juni 2019. Laga pamungkas sebenarnya ada di 2 Juni 2019 itu ya, sedangkan pada 30 Mei 2019 merupakan sesi Mitas Rocket Ride Superfinals, 31 Mei 2019 Blakläder Iron Road Prologue alias sesi Prologue yang pertama, dan 1 Juni 2019 Blakläder Iron Road Prologue yang kedua. Sesi Rocket Ride bisa dibilang cuma exhibition. Biasanya rider-rider top nggak ikutan sesi ini. Mereka baru ikut sesi Iron Road Prologue 1 dan 2 yang menentukan posisi start pada balapan utama Erzbergrodeo Red Bull Hare Scramble di tanggal 2 Juni 2019.

Advertisements