• Home »
  • Article »
  • Dani Pedrosa Ikut Meriahkan Iron Road Prologue – ErzbergRodeo 2019

Dani Pedrosa Ikut Meriahkan Iron Road Prologue – ErzbergRodeo 2019

Kenal dengan Dani Pedrosa? Nama yang satu ini pasti sudah nggak asing di telinga para penggemar balap di Tanah Air. Yups, Dani Pedrosa adalah pembalap MotoGP yang sepanjang karirnya dihabiskan bersama Repsol Honda Team. Tapi sejak akhir musim 2018 yang lalu Dani menyatakan diri pensiun dari kancah balap MotoGP. Pensiun bukan berarti benar-benar keluar total dari balap yang membesarkan namanya karena doi mendapatkan kontrak sebagai test rider Red Bull KTM Factory Racing MotoGP. Sayangnya sejak awal musim ini Dani belum bisa berbuat bahan dalam hal development motor KTM RC16 karena dibekap cidera. Namun baru-baru ini Dani dinyatakan fit dan justru mendapatkan tawaran dari Red Bull KTM Factory Racing untuk memeriahkan balap Extreme Enduro ErzbergRodeo Red Bull Hare Scramble 2019!

ErzgergRodeo sendiri masuk ke dalam daftar serial World Enduro Super Series (WESS) 2019. Lokasi balap yang super iconic di wilayah pertambangan bijih besi Erzberg (Iron Giant) – Austria yang dipadukan dengan tanjakan-tanjakan luar biasa tegak bahkan nyaris vertigal dan jalur-jalur ekstrem lainnya membuat gelaran ErzbergRodeo begitu dinantikan setiap tahunnya. Sebagai balapan kandang bagi Red Bull KTM Factory Racing, tim yang sangat identik dengan warna orange dan logo banteng ini selalu tampil all-out. Hampir semua rider top yang dimiliki oleh Red Bull KTM Factory Racing dikancah balap enduro dikerahkan demi mendapatkan kemenangan di kompetisi yang sangat bergengsi ini. Secara total KTM mengerahkan tujuh rider official, antara lain dari Red Bull KTM Factory Racing ada Taddy Blazusiak, Jonny Walker, Josep Garcia, dan Nathan Watson; kemudian dari FMF KTM Factory Racing bercokol nama rider asal Amerika Serikat Cody Webb; dan Manuel Lettenbichler yang berstatus sebagai rider KTM Support atau rider tim privateer namun mendapatkan dukungan penuh dari KTM Factory Racing. Itu belum termasuk rider rally wanita Red Bull KTM Factory Racing Laia Sanz yang bakal ikut tampil di seluruh sesi ErzbergRodeo 2019 dengan target menjadi rider wanita pertama yang sanggup finish di Iron Giant.

Selain menggelontorkan sederet rider top, KTM biasanya juga mengajak bintangnya dari ajang balap yang berbeda agar bisa merasakan atmosfer hebat di Erzberg. Tahun lalu KTM mengundang sang juara Rally Dakar yang tergabung dalam tim Red Bull KTM Factory Racing Matthias Walkner dan ratu rally dunia Laia Sanz untuk tampil di sesi Iron Road Prologue alias babak kualifikasi menggunakan motor KTM 450 RALLY. Matthias Walkner yang saat itu menggeber motor rally yang besar dan berat berhasil mencatatkan waktu yang sangat fantastis di Iron Road Prologue. Tapi tentu saja catatan waktunya bisa diabaikan karena doi nggak ikut ambil bagian di balapan utama. Menurut Matthias Walkner mustahil bisa finish di balapan utama menggunakan motor rally karena jalurnya sangat ekstrem dan teknikal. Beda dengan sesi Iron Road Prologue yang lebih mengutamakan speed (speed off-road).

Nah, pada tahun 2019 ini KTM justru mengajak test rider MotoGP Dani Pedrosa. Jelas saja Dani nggak bakal menggunakan motor KTM RC16 karena sangat tidak memungkinkan. Sebagai gantinya Dani malah menggunakan motor motocross 4-tak yang kalau nggak salah KTM 450 SX-F yang telah dimodifikasi dengan gaya flat track. Satu hal yang paling mencolok adalah bannya pakai ring 17-17 inch dengan kembangan khas motor flat track. Ban nggak sepenuhnya licin macam ban supermoto, tapi masih ada kembangan yang sedikit kasar. Terus knalpot motor nggak menjulang tinggi khas motor trail namun justru di samping bawah seperti street bike. Uniknya lagi, gaya berpakaian Dani Pedrosa masih seperti pembalap aspal dan flat track. Doi pakai wearpack balap seperti yang biasa dipakai oleh pembalap MotoGP dan helm full face Arai (bukan helm cakil khas enduro). Meskipun demikian, Dani pakai boots off-road dan sarung tangan off-road lho!

Sayangnya nggak diketahui berapa catatan waktu yang dibukukan oleh Dani Pedrosa di Iron Road Prologue 1. Saya coba scroll hasil Iron Road Prologue 1 nggak ada nama Dani Pedrosa di dalam daftar hingga urutan ke-220. Bisa jadi performa Dani lebih lambat lagi dibandingkan dengan rider yang ada di urutan ke-220 sehingga terlempar dari daftar. Tapi kalau Dani lambat itu sangat wajar. Alasannya karena doi pure pembalap MotoGP. Ditambah lagi Dani menggunakan motor KTM flat track yang sebenarnya kurang proper dipakai di Erzberg. Motor yang bener di sini ya motor enduro. Toh tujuan utama Dani datang ke Erzberg bukan untuk berkompetisi, tapi hanya untuk exhibition alias bersenang-senang. Oh ya, Dani sempat berfoto dengan rider terkencang di Iron Road Prologue 1 yang juga masih satu kampung halaman di Spanyol, Josep Garcia. Dah gitu aja!

Advertisements