Iron Road Prologue 1 – ErzbergRodeo: Josep Garcia Paling Kencang

Yups… Kemaren 31 Mei 2019 kompetisi Extreme Enduro ErzbergRodeo 2019 telah memasuki sesi Iron Road Prologue 1. Bisa dibilang ini merupakan seri kualifikasi yang pertama dari total dua kali sesi kualifikasi. Nantinya hasil dari dua kali kualifikasi ini akan digabungkan sehingga mendapatkan catatan waktu total. Dari gabungan catatan waktu dua kali kualifikasi ini akan digunakan sebagai penentu posisi start pada balapan utama ErzbergRodeo Red Bull Hare Scramble. Oh ya, sesi kualifikasi sekaligus untuk menyaring 500 rider paling kencang dari total 1.700 rider yang ikut babak kualifikasi. 500 rider paling kencang inilah yang berhak ikut sesi balapan utama.

Untuk sesi Iron Road Prologue 1, duet rider Red Bull KTM Factory Racing yang sama-sama menggeber motor KTM 300 EXC TPI, Josep Garcia dan Nathan Watson, mampu menempati posisi pertama dan kedua sebagai rider paling kencang. Kemampuan rider jebolan Classic Enduro buat geber-geberan high speed yang minim track teknikal memang patut diacungi jempol. Kehebatan mereka berdua pun sudah teruji minggu lalu di event Classic Enduro Trefle Lozerien AMV di Perancis yang masing-masing berhasil menjadi juara pertama (Josep Garcia) dan ketiga (Nathan Watson). Posisi ketiga ditempati oleh Ossi Reisinger yang langganan menjadi salah satu rider terkencang di Iron Road Prologue dengan mesin 4-tak Husqvarna FE 450.

Bagaimana nasib rider-rider top yang lain? Wade Young (Sherco Factory Racing) masih sanggup menempati posisi keempat, Manuel Lettenbichler (KTM Support) keenam, Billy Bolt (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) ke-11, Jonny Walker (Red Bull KTM Factory Racing) ke-14, Taddy Blazusiak (Red Bull KTM Factory Racing) ke-19, dan Graham Jarvis (Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing) ke-20. Mungkin ada pertanyaan, kok sepertinya rider-rider top nggak terlalu ngotot? Bisa iya bisa tidak. Alasannya, ketika balapan utama nanti para rider akan dilepas dalam satu rombongan ada 50 rider. Jadi start pertama 50 rider, start kedua 50 rider, begitu seterusnya hingga 10 kali (500 rider). Jadi sebenarnya nggak ada perbedaan yang cukup signifikan antara rider paling kencang di Iron Road Prologue dengan posisi ke-50. Yang penting bagi mereka bisa masuk posisi 50 besar (front row/start pertama) sudah cukup. Kita lihat nanti hasil Iron Road Prologue 2 ya!

Advertisements