Rumor: Honda Siapkan Motor Adventure Baru CRF850L Africa Twin

Guys… Honda dirumorkan akan mengeluarkan motor petualang baru CRF850L Africa Twin yang tentunya diposisikan di kelas menengah sebagai adik dari CRF1000L Africa Twin. Rumor ini pertama kali dihembuskan oleh majalah otomotif asal Jepang, Auto By.  Kemungkinan Auto By mendapatkan bocoran info ini dari sumber internal Honda Jepang. Nggak cuma menghembuskan rumor, Auto By juga mengeluarkan olah digital dari CRF850L Africa Twin. Bagaimana penampakan CRF850L Africa Twin rekaan Auto By?

Dari foto yang beredar, CRF850L Africa Twin hasil olah digital dari Auto By mengusung desain yang cukup mirip dengan CRF1000L Africa Twin. Mungkin ini bisa disebut Baby Africa Twin kali ya? Mulai dari ujun gdepan sampai dengan ujung belakang khas banget seperti Africa Twin versi besar. Motor ini menggunakan windscreen yang cukup tinggi, ada hand guar di handlebar, mesin sudah dilengkapi dengan pelindung, pakai handlebar model fatbar, suspensi depan upside down, double disc brake di ban depan, tangki bahan bakar dengan kapasitas besar, jok tandem, dan tentunya pakai ban dengan ring 18-21 inch sehingga cukup luwes ketika nanti motor diajak main-main ke medan off-road maupun gurun pasir.

Bagaimana dengan mesin? Sesuai dengan namanya, CRF850L Africa Twin mengusung mesin 850 cc twin inline atau dua silinder sejajar dengan pendingin cairan. Nggak tahu berapa besar tenaga yang mampu dikeluarkan oleh mesin ini, namun yang pasti bentuk mesin dua silinder ini lebih dekat dengan CB500X daripada mesin dua silinder milik NC series (NC750X). Mesin 850 cc ini kemudian dipadu dengan knalpot berkonfigurasi 2-1 lengkap dengan silencer berukuran jumbo dan panjang. Bisa jadi silencer ini penuh dengan catalytic converter agar lolos regulasi emisi terbaru yang berlaku di dunia sehingga ukurannya memang besar.

Misal benar CRF850L Africa Twin jadi diluncurkan ke pasaran, motor ini berpeluang membabat sejumlah motor petualang dua silinder kelas menengah lain yang sudah ada di pasaran seperti BMW F 850 GS Adventure, Triumph Tiger 800 XC, KTM 790 Adventure, hingga Yamaha Tenere 700. Mungkin saja konsep atau prototipe CRF850L Africa Twin bakal bisa kita lihat di EICMA 2019 dan versi produksi massal baru akan nongol satu sampai dua tahun kemudian.

Advertisements