• Home »
  • Article »
  • Dibandrol Nyaris Setengah Miliar Nggak Bikin Honda X-ADV Sepi Peminat

Dibandrol Nyaris Setengah Miliar Nggak Bikin Honda X-ADV Sepi Peminat

Konsumen di Indonesia memang luar biasa banget!! Banyak duitnya… Gimana nggak? PT Astra Honda Motor (AHM) belum lama ini meluncurkan skuter petualang Honda X-ADV di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Motor yang masih saudara dekat dengan CRF1000L Africa Twin ini dibandrol dengan harga yang lumayan mahal, nyaris setengah miliar rupiah. Persisnya antara Rp 435 juta sampai dengan Rp 450 juta on the road Jakarta. Konsumen yang memiliki NPWP bisa meminang X-ADV dengan harga yang lebih murah, sedangkan yang nggak punya NPWP mesti membayar lebih mahal. Jadi perbedaan harga bukan karena ada beberapa varian motor, tapi karena NPWP. X-ADV hanya tersedia dalam satu varian saja. Menariknya dengan bandrol lumayan mencekik itu ternyata banyak konsumen yang tertarik dengan X-ADV lho!

Di IIMS 2019 AHM mencatatkan pemesanan sebanyak 10 unit X-ADV. Boleh dibilang ini angka yang cukup fantastis untuk ukuran motor seharga nyaris setengah miliar rupiah dalam pameran yang cuma berlangsung 10 hari. Kalau dirata-rata dalam satu hari ada satu konsumen yang indent. Nah, di luar IIMS 2019 sampai hari ini ternyata masih ada konsumen yang memesan X-ADV dengan jumlah mencapai 20 unit. Artinya secara total motor skuter petualang yang diimpor langsung dari Jepang ini telah membukukan pesanan sebanyak 30 unit. Laris-manis tho?

Kalau dibandingkan dengan angka penjualan motor skuter entry level Honda ya nggak ada apa-apanya. Tapi untuk motor dengan bandrol harga di atas Rp 400 juta bisa membukukan pesanan hingga 30 unit dalam kurun waktu kurang dari dua bulan jelas menjadi prestasi membanggakan. Kenapa kok banyak yang minat dengan X-ADV? Ini kemungkinan lho ya… Menurut saya pribadi X-ADV punya desain yang sangat keren. Garis desainnya nggak jauh beda dengan Africa Twin. Soalnya kedua motor petualang itu memang dirancang di Italia, persisnya di markas R&D Honda Eropa yang ada di Negeri Pizza. Alasan kedua karena X-ADV punya fitur yang sangat canggih. Salah satu contohnya menggunakan sistem transmisi DCT (Dual Clutch Transmission) yang memungkinkan transmisi dioperasikan baik secara otomatis maupun secara manual. Fitur-fitur lainnya masih banyak banget tapi nggak perlu saya jelasin lagi di sini karena sudah pernah dibahas di artikel sebelumnya. Alasan ketiga, X-ADV mengusung kosnep yang unik dan sampai saat ini masih jarang, yaitu bentuknya skuter tapi dengan gaya adventure yang sangat kental sehingga nyaman dipakai di jalan raya maupun menerjang medan off-road yang ringan. Buat perjalanan jauh pun saya yakin X-ADV sangat oke.

Sayangnya konsumen yang telah memesan X-ADV mesti sabar menunggu sampai unit dikirimkan ke garasi. Untuk batch pertama kemungkinan unit akan dikirimkan sekitar kuartal ketiga atau keempat 2019, sedangkan batch berikutnya kemungkinan tahun depan. Kok bisa lama mas? Iya karena pemerintah memang memberlakukan pembatasan impor dari luar negeri ke Indonesia untuk mengurangi defisit neraca perdagangan. Meskipun demikian, Honda memastikan pasokan X-ADV ke Indonesia aman. Permintaan memang banyak, namun nggak bisa dibilang masif sehingga masih bisa dipenuhi dengan baik. Tapi tetap kudu bersabar ya guys…

Advertisements