Honda Daftarkan Patent Desain Motor Bergaya Adventure CB125X

Honda, pabrikan motor dengan angka penjualan terbesar di dunia, diketahui belum lama ini telah mendaftarkan patent desain motor kecil dengan gaya adventure yaitu CB125X di Kantor Patent Eropa (European Patent Office). Sebenarnya versi konsep dari CB125X sempat dipamerkan oleh Honda di EICMA 2018. Bisa jadi dan tentu bukan mustahil kalau pendaftaran patent CB125X di Eropa menjadi indikasi awal bahwa motor ini bakal diproduksi massal dalam waktu dekat.

Dengan adanya konsep dan pendaftaran patent desain dari CB125X berarti mengindikasikan bahwa motor petualang bakal menjalar ke kapasitas mesin yang kecil dan bakal dinikmati oleh para rider-rider muda. Padahal sebelumnya rata-rata motor petualang itu menggunakan mesin besar. Nah, peluang yang paling kuat CB125X ini menggunakan basis mesin yang sama dengan CB125R di Eropa sana yang mengandalkan mesin DOHC berpendingin cairan. Kalau saya nggak salah basis mesin yang sama juga dipakai oleh Honda di Indonesia pada CB150R dan CBR150R, tapi kapasitasnya dinaikkan menjadi 150 cc.

Penampilan CB125X sendiri dalam patent yang didaftarkan tergolong gagah. Desainnya cenderung mirip seperti motor rally dengan penampilan nggak jauh beda dengan motor petualang besar CRF1000L Africa Twin. Itu memang nggak mengherankan karena yang merancang desain CB125X adalah orang-orang yang sama yang mendesain CRF1000L Africa Twin dan X-ADV yang berkantor di pusat R&D Honda Eropa di Roma. Pada motor CB125X terpasang fairing yang menutup mesin sekaligus menyatu dengan headlight, windscreen tinggi, suspensi depan upside down, suspensi belakang mono shock dengan linkage, stang lebar, ban ring 18-21 inch, di bawah mesin ada protektor, sedangkan knalpot menjulang tinggi meskipun tetap berada di samping, tidak seperti motor trail yang knalpotnya di atas.

Selain mendaftarkan patent desain CB125X yang lebih bergaya dirt, Honda juga mendaftarkan patent CB125M yang lebih berorientasi street dengan ban ring 17-17 inch. Melihat Honda yang sudah mendaftarkan patent CB125X, mungkinkah di masa depan, khususnya di Indonesia, bakal ada motor petualang CB150X dengan gaya mirip tapi menggunakan mesin 150 cc milik CB150R? Bukan mustahil sih… Honda di Indonesia selalu mempertimbangkan permintaan pasar. Jika memang market menginginkan ya kenapa tidak? Namun tentu butuh waktu yang nggak sebentar ya!

Advertisements