• Home »
  • Article »
  • Sherco Pertahankan Sistem Karbu di Motor Enduro 2-Tak, Apa Alasannya?

Sherco Pertahankan Sistem Karbu di Motor Enduro 2-Tak, Apa Alasannya?

Baru-baru ini Sherco meluncurkan deretan motor enduro model year 2020. Banyak varian yang dikeluarkan oleh Sherco pada model year 2020, baik itu yang menggunakan mesin 2-tak maupun 4-tak. Khusus untuk mesin 2-tak, ada pilihan kapasitas 125, 250, dan 300. Tapi satu hal yang cukup menarik, Sherco masih bertahan dengan sistem pembakaran karburator pada seluruh varian motor enduro 2-tak. Padahal di sisi lain pabrikan seperti KTM dan Husqvarna telah mengganti sistem karburator dengan sistem injeksi di mesin 2-tak sejak tahun 2017 agar motor enduro 2-tak ini lolos homologasi Euro 4. Nah, lalu apa alasan Sherco tetap bertahan dengan sistem karbu di mesin 2-tak?

Sherco belum memasang sistem injeksi di mesin 2-tak bukan berarti pabrikan asal Perancis ini nggak punya. Toh Sherco terang-terangan mengakui sudah melakukan riset sistem injeksi di mesin 2-tak sejak KTM dan Husqvarna meluncurkan motor enduro 2-tak injeksi. Bahkan saat itu beredar video Sherco sedang mengetes sistem injeksi pada mesin 2-tak. Salah satu tujuan utama pabrikan memasang sistem injeksi pada mesin 2-tak adalah biar lolos homologasi Euro 4. Menariknya, nggak seperti KTM/Husqvarna, Sherco sudah bisa mengakali agar emisi gas buang motor 2-tak sesuai dengan regulasi emisi Euro 4 tanpa perlu memasang sistem injeksi, sehingga pemasangan sistem injeksi pada mesin 2-tak Sherco ditunda hingga berlakunya Euro 5 pada 2024 mendatang.

Bisa dibilang alasan yang diungkapkan oleh Sherco cukup simple… Kalau pakai karburator saja sudah lolos Euro 4, kenapa mesin pasang injeksi yang secara sistem lebih rumit, membuat harga motor menjadi lebih mahal, dan yang pasti sistem injeksi (setidaknya yang diriset oleh Sherco) tidak membuat performa motor mengalami peningkatan. Sherco mengatakan masih punya waktu hingga tahun 2024, ketika sistem injeksi menjadi sebuah kewajiban, untuk terus mengembangkan sistem injeksi yang lebih baik dan membuat performa motor lebih oke lagi, barulah sistem itu dibawa ke pasaran.

“Peraturan Euro 5 tidak akan mendatangkan efek sampai dengan 2024 sehingga masih banyak waktu bagi kami untuk terus mengembangkan sistem injeksi di mesin 2-tak. Juga kami mempertimbangkan konsumen seperti layaknya teman, jadi tidak ada alasan memberikan evolusi di pasar tanpa memberikan kemajuan dalam hal performa motor. Tidak ada poin penting dalam memasang sistem injeksi di mesin 2-tak jika performanya tidak lebih baik dibandingkan dengan karburator. Selain itu, harganya juga akan lebih mahal. Tidak ada alasan bagi kami memaksa konsumen membayar lebih mahal untuk sebuah produk yang tidak memberikan performa lebih baik,” ungkap General Manager Sherco Thomas Tessier, dikutip dari Enduro21.com.

Jadi cukup clear ya, Sherco bukan nggak punya sistem injeksi di mesin 2-tak. Mereka punya dan sudah mempersiapkannya, tapi menurut Sherco sistem injeksi yang mereka punya saat ini belum lebih baik daripada sistem karburator yang sudah ada. Nanti kalau sistem sudah siap dan memang sudah waktunya dibutuhkan, injeksi di mesin 2-tak akan dipasang. Mau nggak mau Sherco akan memasang sistem ini karena pabrikan asal Perancis pasti nggak mau menyuntik mati mesin 2-tak. Bagaimanapun motor enduro 2-tak masih menjadi favorit dan membukukan penjualan yang lebih laris dibandingkan dengan mesin 4-tak.

Advertisements