YZ450F Dapat Upgrade Besar-Besaran, YZ250F Dapat Warna Baru

Guys… Dua motor motocross andalan Yamaha yang mengusung mesin 4-tak, yaitu YZ450F dan YZ250F model year 2020 ternyata mendapatkan update. Khusus untuk YZ450F dapat update besar-besaran, sedangkan YZ250F hanya minor update. Update gede-gedean YZ450F terlihat dari desain yang berubah, mendapatkan mesin baru, frame baru, dan sejumlah hal baru lainnya yang membuat bobot motor menjadi lebih enteng, lebih powerful, dan memiliki handling yang lebih baik di lintasan motocross. Nggak cuma itu aja guys, YZ450F dan YZ250F ternyata juga mendapatkan tambahan warna baru Team Yamaha Gray yang amat sangat menarik untuk mendampingi warna Team Yamaha Blue yang sudah ada!

“Yamaha YZ450F versi 2020 dilengkapi dengan perubahan desain yang menghasilkan motor lebih ringan, lebih kencang, dan memiliki handling lebih bersahabat. Deretan motor motocross 4-tak Yamaha versi 2020 mengusung teknologi yang paling canggih, mesin siap digunakan untuk balap di masing-masing kelas,” ungkap Yamaha Motorsports Marketing Manager Steve Nessl.

Yamaha YZ450F Model Year 2020

Menurut informasi dari Yamaha, mereka mencangkokkan mesin baru 449 cc, 4-tak, berpendingin cairan plus electric starter yang dilengkapi dengan cylinder head yang lebih ringkas, bentuk ruang bakar didesain ulang, sudut klep lebih tegak, dan profil camshaft lebih agresif. Tarnsmisi juga di-tuning ulang untuk menghasilkan perpindahan gigi yang lebih smooth. Berbagai ubahan yang dilakukan oleh Yamaha ini menghasilkan mesin yang lebih ringan dan lebih ringkas, tapi di sisi lain mampu menghasilkan power yang lebih besar di semua rentang rpm.

Mesin baru YZ450F model year 2020 ini kemudian dipadukan dengan frame baru yang masih terbuat dari bahan aluminium dengan bentuk bilateral beam. Di sini Yamaha mendesain ulang karakteristik tingkat kelenturan dari frame agar performa di tikungan meningkat, mendapatkan traksi yang lebih baik, dan reaksi benturan yang lebih baik sehingga rider yang nungggang YZ450F generasi terbaru merasa pede menggeber motor lebih kencang. Perubahan di bagian sasis lainnya terletak pada bagian engine mounting, triple clamp atas, dan suspensi yang disuplai oleh Kayaba. Semua perubahan ini bertujuan untuk mengurangi bobot dan memberikan handling yang lebih baik.

Selain itu, Yamaha juga memasang sejumlah komponen unggulan dan berteknologi tinggi pada YZ450F generasi terbaru, mulai dari sistem electric starter, baterai lithium yang ringan, sistem pembakaran injeksi, ada fitur launch control, motor bisa di-setting menggunakan HP yang terhubung via wireless dengan aplikasi Yamaha Power Tuner APP, dan ada tombol engine mapping di handlebar sehingga rider bisa memilih dua opsi power delivery dari mesin sesuai dengan keinginan mereka. Menurut rencana, YZ450F versi 2020 akan tersedia mulai Juli 2019 dengan pilihan warna Team Yamaha Blue dan Team Yamaha Gray dengan harga USD 9.299 atau setara Rp 133 juta. Opsi warna baru Team Yamaha Gray keren juga ya!

Yamaha YZ250F Model Year 2020

Berbeda dengan YZ450F model year 2020 yang mendapatkan update gede-gedean, YZ250F generasi paling anyar justru hanya mendapatkan minor update. Kenapa? Karena motor motocross seperempat liter ini sudah mendapatkan mesin baru, frame baru, dan desain baru pada model year 2019 sehingga pada model year 2020 lebih minim update. Update di YZ250F model year 2020 paling-paling hanya warna grafis Team Yamaha Blue yang sedikit mengalami perubahan plus ketambahan warna baru Team Yamaha Gray. Meskipun demikian, fitur-fitur keren dan canggih di YZ250F tetap dipertahankan. Bahkan banyak fitur YZ450F juga terpasang di YZ250F, mulai dari tombol engine mapping di handlebar hingga setup motor dari HP yang terhubung melalui wireless menggunakan Yamaha Power Tunner APP. Sama seperti YZ450F, YZ250F model year 2020 akan tersedia mulai Juli 2019 dengan harga USD 8.199 atau sekitar Rp 117 juta.

Apakah YZ450F dan YZ250F model year 2020 akan masuk ke Indonesia? Hampir bisa dipastikan iya! Karena di sini ada Dr. No Offroad Industries yang menjadi distributor resmi dirt bike Yamaha di Indonesia. Hampir seluruh varian Yamaha YZ masuk ke Tanah Air via Dr. No, baik itu yang versi motocross maupun cross-country. Soal harga, biasanya YZ series di Indonesia sedikit lebih murah dibandingkan dengan di Amerika Serikat. Tapi masih belum tahu juga untuk case YZ model year 2020 ya. Kita tunggu saja keterangan resmi dari Dr. No!

Advertisements