Seperti ini Kerennya Motor Enduro Husqvarna Model Year 2020!

Husqvarna tentu nggak mau ketinggalan dengan saudaranya, KTM, yang telah meluncurkan lineup motor enduro generasi terbaru model year 2020. Kalau motor enduro terbaru dari KTM diperkenalkan pada Mei 2019, maka punya Husqvarna dirilis pada Juni 2019. Total ada tujuh varian motor enduro yang dikeluarkan oleh Husqvarna pada model year 2020, antara lain TE 150i, TE 250i, dan TE 300i yang mengusung mesin 2-tak dengan sistem pembakaran injeksi serta FE 250, FE 350, FE 450, dan FE 501 yang mengandalkan mesin 4-tak. Apa saja yang berubah di motor enduro Husqvarna model year 2020 dibandingkan dengan generasi sebelumnya (model year 2019)?

Menurut rilis resmi yang saya dapatkan dari Husqvarna Motorcycles, mereka menyebutkan bahwa pada motor enduro model year 2020 diberi upgrade besar-besaran di bagian sasis di semua varian TE dan FE. Husqvarna memasang frame yang benar-benar baru dengan peningkatan kekakuan longitudinal dan torsional. Kemudian sub-frame juga baru, terbuat dari bahan komposit serat karbon yang berbobot ringan untuk memastikan kestabilan dan handling motor menjadi lebih baik. Selain itu, Husqvarna mengutak-atik suspensi depan WP XPLOR 48 dan suspensi belakang WP XACT dengan menawarkan sistem penyetelan yang lebih sederhana, damping yang lebih konsisten, dan resistensi yang lebih baik terhadap bottoming. Semua perubahan ini membuat motor enduro Husqvarna model year 2020 memiliki performa yang superior, menjadi lebih nyaman, dan traksinya pun lebih baik. Apalagi Husqvarna merevisi bagian linkage suspensi belakang yang ternyata mampu mengurangi ketinggian jok. Artinya, ketinggian jok motor enduro Husqvarna generasi terbaru lebih bersahabat dan lebih mudah dipakai di jalur yang teknikal.

Di bagian mesin motor enduro 2-tak Husqvarna memang nggak mengalami banyak perubahan, kecuali yang 150. Motor enduro 2-tak paling mungil ini akhirnya mengikuti jejak kakaknya yang 250 dan 300 dengan dibekali sistem pembakaran injeksi pada model year 2020. Hal ini membuat TE 150i memiliki kemudahan seperti kebanyakan motor enduro 4-tak namun dengan sasis yang ringan dan bersahabat serta mesin yang ringkas sekaligus powerful. Berarti seluruh varian motor enduro Husqvarna baik itu yang 2-tak maupun 4-tak semuanya sudah pakai sistem pembakaran injeksi. Husqvarna secara resmi melenyapkan sistem karburator di seluruh lineup motor enduro!

Bagaimana dengan mesin motor enduro 4-tak? Yah… FE 250 dan FE 350 nggak mendapatkan update signifikan. Di sisi lain FE 450 dan FE 501 mendapatkan cylinder head baru yang membuat motor menjadi lebih mudah dikendarai dan performa juga mengalami peningkatan. Tapi tenang, semua model 4-tak diberi sistem knalpot yang benar-benar baru yang diklaim lebih awet dan bisa mengeluarkan performa mesin dengan optimal. Kalau ngomongin soal desain sih nggak perlu banyak komentar ya. Setiap kali Husqvarna mengeluarkan produk terbaru pasti desainnya sangat keren, gagah, dan tentunya menggoda. Yang nggak menggoda harganya. Wkwkwkwk…

Update Husqvarna Enduro Model Year 2020:

  • Semua varian TE dan FE mendapatkan sasis baru yang punya tingkat kekakuan longitudinal dan torsional lebih baik
  • TE 150i kini dilengkapi dengan sistem pembakaran injeksi
  • Dua potong sub-frame yang terpasang di seluruh varian memiliki bobot 250 gram lebih ringan
  • Forks WP XPLOR 48 mendapatkan update berupa piston tengah baru dan settingan baru
  • Shock WP XACT dilengkapi dengan piston utama baru dan settingan baru
  • Dimensi linkage suspensi belakang direvisi sehingga ketinggian jok lebih rendah
  • Seluruh varian motor enduro 2-tak dan 4-tak mendapatkan sistem knalpot baru
  • Jok baru yang membuat posisi duduk rider lebih rendah 10 mm ke tanah
  • Radiator baru
  • Desain bodywork baru yang menawarkan peningkatan dalam hal ergonomi
  • Mesin 4-tak ditingkatkan performanya
  • Engine mounting TE 250i/300i dibuat lebih rendah 1 derajat untuk meningkatkan traksi di bagian front end
  • Update cylinder TE 250i/300i

Biasanya nggak terlalu lama setelah launching di Eropa, motor enduro generasi terbaru dari Husqvarna juga bakal menyambangi Indonesia. Secara resmi motor Husqvarna masuk ke Indonesia lewat PT Premium Motorindo Abadi (Husqvarna Indonesia).Kemungkinan motor enduro teranyar ini masuk Indonesia sekitar kuartal ketiga atau keempat 2019. Bahkan kalau temen-temen tertarik meminang, mungkin saja Husqvarna Indonesia dan jaringan dealernya sudah mau terima indent kok. Tapi kalau mau generasi yang lawas (model year 2019), sepertinya ada diskon sekitar Rp 10-15 juta.

Advertisements