Mega Gallery Motor Trail Khusus Off-Road Kawasaki KLX230R

Yeaaah… PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) akhirnya meluncurkan motor trail khusus off-road KLX230R di Jakarta Fair Kemayoran (JFK) pada hari ini, Rabu (19/6/2019). Bisa dibilang KLX230R adalah kembaran dari KLX230 yang lebih dulu diluncurkan pada bulan Mei yang lalu. Tapi yang namanya kembaran pasti nggak sepenuhnya sama, begitu juga antara KLX230R dan KLX230, mereka nggak bisa dibilang sama persis alias identik. Malah ada cukup banyak perbedaan antara keduanya.

Sebagai motor off-road tulen, KLX230R nggak dilengkapi dengan lampu-lampu, konsol speedometer, plate holder, mirror, dan lain-lain. Di sisi lain KLX230 yang bergenre on road – off-road (dual sport) memiliki lampu-lampu dan berbagai kelengkapan lainnya agar legal dipakai di jalan raya. Jadi KLX230R wujudnya brondol khas motor off-road sehingga lebih ringkas yang berujung pada bobot yang lebih ringan. Tapi sebenarnya bobot KLX230R yang lebih ringan itu nggak cuma didapat dari pencopotan kelengkapan standar jalan raya, melainkan juga berasal dari pengaplikasian swing arm aluminium. Imbasnya bobot motor off-road tulen KLX230R hanya 115 kg, sementara KLX230 polos tembus 132 kg.

Perbedaan lainnya lumayan banyak sih guys… Sebut saja KLX230R menggunakan ban off-road tulen yang profile kembangannya sangat kasar, bentuk stang berbeda, ukuran final gear ratio beda, output power lebih tinggi (20,11 HP), travel suspension lebih baik (250 mm), ground clearance lebih tinggi (300 mm), dan ketinggian jok lebih tinggi (920 mm). Nggak tahu deh apakah kedua motor menggunakan gearbox yang sama atau berbeda, tapi kemungkinan  settingan ECU keduanya berbeda. Pada intinya semua perbedaan itu membuat KLX230R memiliki performa dan kenyamanan yang jauh lebih baik di medan off-road. Asyiknya Kawasaki membandrol KLX230R dengan harga yang sangat kompetitif, hanya Rp 48,9 juta off the road. Angka ini jauh lebih murah dibandingkan dengan harga KLX230R di Amerika Serikat yang tembus Rp 63 jutaan. Nah, sekarang saya ingin menampilkan mega gallery dari KLX230R. Semoga semakin ngiler!

Advertisements