• Home »
  • Article »
  • Terungkap! Ini Alasan Husqvarna Hilangkan Kick Starter di Motor Enduro Terbaru

Terungkap! Ini Alasan Husqvarna Hilangkan Kick Starter di Motor Enduro Terbaru

Baru-baru ini Husqvarna Motorcycles merilis deretan motor enduro generasi terbaru model year 2020. Untuk mesin 2-tak ada TE 150i, TE 250i, dan TE 300i sedangkan mesin 4-tak terdiri dari FE 250, FE 350, FE 450, dan FE 501. Suatu langkah yang cukup mengejutkan, Husky menghilangkan fitur kick starter pada seluruh varian motor enduro model year 2020, kecuali TE 125i. Banyak pihak yang bertanya-tanya, kenapa Husky menghilangkan kick starter? Padahal di motor off-road atau enduro banyak yang menganggap kick starter itu masih sangat penting. Terus apa jawaban Husky?

Menurut Justin Maxwell, Head of Husqvarna Motorcycles Product Management, Husky memutuskan menghapus kick starter pada seluruh model motor enduro baik itu yang 2-tak maupun yang 4-tak karena Husky telah berpengalaman menggunakan electric starter selama lebih dari 10 tahun. Sistem ini terus mengalami perkembangan dengan sistem injeksi terbaru, sistem electric starter baru, dan baterai yang ringan tapi punya kapasitas besar. Hasilnya sekarang Husky memiliki sistem electric starter yang sangat reliable dan bisa diandalkan.

“Kami telah menjalankan electric starter selama lebih dari 10 tahun dan aku pikir kami telah mendapatkan posisi di mana sistem ini sangat reliable. Sehingga kami pikir tidak perlu memasang sistem ini di motor 4-tak. Di mesin 2-tak kami juga menghapus kick starter karena kami pikir bagi kebanyakan rider hobi mereka tidak memerlukannya karena sistemnya juga reliable. Kami tidak mengalami permasalahan apapun dengan electric starter. Bahkan kami tahu kebanyakan orang tidak pernah menggunakan kick starter di motor mereka meskipun memilikinya,” ungkap Maxwell.

Selain sisten electric starter yang sudah sangat reliable, pencopotan kick starter pada motor enduro generasi terbaru adalah untuk mengurangi bobot. Khusus mesin 250 dan 300 2-tak, Husky masih memberikan peluang bagi konsumen untuk memasang kick starter. Namun konsumen mesti membelinya secara terpisah lantaran dalam paket penjualannya motor memang nggak dilengkapi kick starter. Tapi hal itu nggak berlaku bagi motor 4-tak. Nggak ada peluang memasang kick starter ya! Nah, pada motor 2-tak TE 150i, Husky masih memasang kick starter dengan alasan sistem electric starter pada mesin 150 cc 2-tak tidak berada di level yang sama dengan sistem pada 250/300 2-tak dan 250/350/450/500 4-tak.

Advertisements