Motor Enduro KTM Pakai Rem Brembo, Husqvarna Pilih Andalkan Magura

KTM dan Husqvarna merupakan dua brand yang berada dalam satu keluarga. Keduanya sama-sama di bawah naungan KTM Group, dirakit di lokasi pabrik yang sama (Mattighofen – Austria), dan mereka juga menggunakan basis mesin, sasis, dan suspensi yang sama dalam membangun sebuah motor. Misalnya saja motor enduro Husqvarna TE 150i, TE 250i, TE 300i, FE 250, FE 350, FE 450, dan FE 501 itu memiliki banyak banget kesamaan dengan KTM 150 EXC TPI, 250 EXC TPI, 300 EXC TPI, 250 EXC-F, 350 EXC-F, 450 EXC-F, dan 500 EXC-F. Tapi walaupun punya banyak kesamaan komponen, kedua brand ini memiliki ciri khas masing-masing. Misalnya Husqvarna lebih memilih menggunakan suspensi belakang dengan linkage pada motor enduronya sehingga karakter suspensi terasa lebih soft, sedangkan KTM tidak menggunakan linkage yang membuat karakter motor lebih agresif. Kemudian untuk sistem pengereman, KTM dan Husqvarna ternyata memiliki pilihan yang berbeda.

Kalau ngomongin kasta, KTM Group itu memposisikan brand Husqvarna sebagai flagship yang artinya secara produk levelnya ada di atas produk KTM meskipun mereka pakai basis mesin, rangka, dan suspensi yang sama. Namun untuk sistem pengereman khususnya pada motor enduro, Husqvarna lebih mengandalkan produk buatan Magura. Padahal KTM menggunakan Brembo dan motocross Husqvarna juga pakai Brembo. Apa ini mengindikasikan bahwa Magura lebih premium dan lebih baik daripada Brembo?? Secara nalar sekilas mungkin iya. Tapi menurut Husqvarna nggak demikian…

“Aku tidak ingin mengatakan Magura adalah produk yang lebih premium. Mereka hanyalah produk yang berbeda. Sesederhana itu! Ini sangat penting bagi kami sebagai sebuah perusahaan, khususnya karena kami terus tumbuh besar, sehingga kami memiliki supplier alternatif untuk produk pada motor kami jadi kami bisa mengembangkan motor dalam arah yang berbeda,” ungkap Justin Maxwell, Head of Husqvarna Motorcycles Product Management.

So, pada intinya perbedaan sistem rem antara Husqvarna (Magura) dan KTM (Brembo) bukan karena yang satunya lebih premium atau yang satunya lebih inferior. Tapi Husqvarna hanya ingin mengambil komponen dari supplier yang berbeda. Selain itu, agar dua brand dalam satu keluarga ini memiliki ciri khas masing-masing yang tentunya berbeda. Kalau semua komponen sama persis dengan supplier-supplier yang sama sehingga dua brand ini nggak punya ciri khas kan ngapain juga KTM Group mempertahankan dua brand sekaligus?

“Penting bagi kami memiliki perbedaan pada brand kami sehingga kamu akan mendapati Magura punya feel yang berbeda (dibandingkan dengan Brembo), akan tetapi hasil akhir performa pengereman akan tetap sama (bagus). Secara personal aku merasa feel untuk sensitivitas rem (Magura) sangat bagus pada motor enduro,” tambah Maxwell.

Advertisements