• Home »
  • Article »
  • KTM 790 Adventure Resmi Diluncurkan di Indonesia, Harga Rp 350 Juta

KTM 790 Adventure Resmi Diluncurkan di Indonesia, Harga Rp 350 Juta

KTM 790 Adventure

Bertempat di Jakarta International Expo, Jakarta Fair Kemayoran, pada hari Senin (24/6/2019) kemarin KTM Indonesia secara resmi meluncurkan motor petualang baru KTM 790 Adventure di Tanah Air. Bisa dibilang ini merupakan motor dengan genre adventure paling kecil dari KTM setelah KTM 1290 Super Adventure dan KTM 1050 Adventure. Satu hal lagi yang cukup menarik, selain memiliki kapasitas mesin paling kecil, KTM 790 Adventure juga mengandalkan konfigurasi mesin yang berbeda. Kalau KTM 1290 Super Adventure dan KTM 1050 Adventure pakai mesin v-twin, maka KTM 790 Adventure dibangun menggunakan mesin parallel-twin. So, sekarang sudah komplit deretan motor adventure KTM di Indonesia. Ada KTM 1290 Super Adventure, KTM 1050 Adventure, dan ditutup dengan KTM 790 Adventure.

Menurut informasi yang saya terima dari KTM Indonesia, KTM 790 Adventure dibandrol dengan harga Rp 350 juta on the road Jakarta. Mahal? Ya lumrah dong… Soalnya ini adalah motor yang diimpor utuh dari Eropa (Austria). Bukan rahasia lagi kalau motor-motor buatan Eropa itu harganya mahal. Tapi sebenarnya big bike buatan KTM tergolong sebagai motor yang harganya relatif murah di Indonesia kalau dibandingkan dengan brand-brand Eropa lainnya seperti Ducati, BMW Motorrad, Triumph, dan lain-lain. Tentu perbandingannya produk yang sekelas ya! Terus motor dengan kapasitas mesin di atas 500 cc di Indonesia itu kena Pajak Pertambahan Nilai atas Barang Mewah (PPN BM) yang fantastis, mencapai 125%. Pajaknya ngeri guys… Alasan lainnya KTM 790 Adventure memang pantas dibandrol mahal karena memang fiturnya luar biasa banyak.

KTM 790 Adventure

Dengan kapasitas mesin 799 cc dua silinder sejajar lengkap dengan pendingin radiator, KTM 790 Adventure mampu memuntahkan tenaga sebesar 94 HP dan torsi sebesar 88 Nm. Bisa dipastikan jambakan tenaga dan torsinya lebih dari cukup untuk melakukan perjalanan petualang jarak jauh dengan sangat nyaman. Bahkan ketika dipakai berpetualang lintas negara atau keliling dunia pun nggak masalah. Apalagi kapasitas tangki bahan bakar KTM 790 Adventure gede banget sebesar 20 liter yang diklaim oleh KTM mampu menempuh jarak 450 km dalam satu kali pengisian bahan bakar. Artinya konsumsi bahan bakar rata-rata motor ini cukup irit sekitar 22,5 km/liter. Mau dipakai agak nakal di medan off-road pun bisa karena KTM 790 Adventure dilengkapi dengan ban yang sangat ideal, yaitu kombinasi ring 18-21 inch plus fitur-fitur elektronik penunjang off-road, antara lain Off-Road ABS dan Off-Road Ride Mode yang semuanya bisa disetel lewat tombol yang ada di handlebar. Fitur-fitur elektronik lainnya seperti ride by wire, riding  mode, traction control, cornering ABS, hingga slipper clutch sudah menjadi paket standar di KTM 790 Adventure.

Berdasarkan informasi dari KTM Indonesia, KTM 790 Adventure tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu orange dan putih. Bandrol harga Rp 350 juta itu pun merupakan harga promo. Sangat mungkin harga KTM 790 Adventure ke depan mengalami kenaikan. Sejauh ini KTM Indonesia baru merilis KTM 790 Adventure standar. Mereka belum mengumumkan peluncuran KTM 790 Adventure R yang lebih berorientasi off-road. Oh ya, selain merilis KTM 790 Adventure, KTM Indonesia juga meluncurkan street bike KTM 790 Duke. Bisa dibilang KTM 790 Adventure dan KTM 790 Duke menggunakan basis mesin yang sama namun dengan settingan elektronik berbeda. KTM 790 Duke dijual dengan harga yang lebih murah Rp 320 juta on the road Jakarta. Buat temen-temen yang pengen melihat KTM 790 Adventure dan KTM 790 Duke ataupun lineup motor KTM lainnya, silakan langsung saja datang ke booth KTM Indonesia di Jakarta Fair Kemayoran sampai dengan 30 Juni 2019.

KTM 790 Adventure R

Advertisements