• Home »
  • Article »
  • Laris-Manis… Tiba di Riau, Unit Kawasaki KLX230R Langsung Sold Out!

Laris-Manis… Tiba di Riau, Unit Kawasaki KLX230R Langsung Sold Out!

Geng Ijo terlihat bergerak sangat cepat. Hanya berselang beberapa hari setelah mengumumkan peluncuran motor khusus off-road KLX230R, unit motor langsung tersedia di sejumlah dealer. Kawasaki Lampung terpantau menjadi salah satu main dealer pertama yang mendapatkan unit KLX230R hanya berselang tiga hari setelah peluncuran. Sekarang giliran Kawasaki Greentech di Pekanbaru – Riau yang mengabarkan telah menerima kiriman unit motor yang sama. Bahkan mungkin sejumlah main dealer Kawasaki yang lain di Pulau Jawa, Sumatera, Bali, Kalimantan, dan lain-lain juga sudah atau segera menerima unit KLX230R.

Satu hal yang menurut saya cukup menarik, Kawasaki Greentech Pekanbaru dalam akun Instagram menyebutkan bahwa semua unit KLX230R yang sudah sampai di Riau telah ludes terjual alias sold out. Memang nggak ada keterangan berapa jumlah KLX230R yang didapatkan oleh Kawasaki Greentech pada batch pertama ini. Tapi dalam foto yang diunggah oleh akun Instagram Kawasaki Greentech terpantau ada lima unit motor. Dan kalau KLX230R bisa ludes terjual dengan sangat cepat, artinya nggak sedikit konsumen yang penasaran dengan motor tersebut. Saya sendiri cukup penasaran dengan performa, handling, suspensi, bobot, dan feel dalam mengendarai KLX230R di medan off-road. Bukan di sirkuit motocross ya, melainkan di jalur off-road. I’m off-roader, not motocrosser! Secara spesifikasi di atas kertas jelas KLX230R jauh di atas KLX140/KLX150. Tapi tentu saja tetap penasaran karena nggak sedikit pengguna KLX140/KLX150 yang melakukan bore up motornya dengan rentang kapasitas mesin 170-210 cc sehingga performanya nggak main-main lagi.

Oh ya, harga KLX230R di Riau yang dijual oleh Kawasaki Greentech ternyata sama persis dengan harga di Jakarta, yaitu Rp 48,9 juta off the road. Beginilah enaknya jualan motor off-road tanpa surat-surat, sangat memungkinkan harga di daerah dibuat sama persis dengan harga di Jakarta karena nggak ada hitungan perpajakan dan berbagai macam biaya lainnya. Kalaupun ada selisih dengan harga di Jakarta itu nggak banyak. Biasanya sih selisih dari ongkos kirim. Tapi sejauh ini harga di daerah, contohnya Pekanbaru, masih sama dengan Jakarta. Ini menjadi kabar bagus buat para penggila off-road di daerah lantaran nggak perlu membayar harga yang lebih mahal. Nice!

Kabar buruknya buat temen-temen penggemar motor dual sport yang bisa dipakai di dua alam, on-road dan off-road sekaligus, motor KLX230 (polos) masih belum didistribusikan oleh Kawasaki Motor Indonesia ke dealer-dealer. Jadi temen-temen kudu sabar dulu. Misal udah ngebet pengen beli ya mendingan langsung indent sehingga diharapkan ketika motor sudah ready bisa mendapatkan unit lebih awal. Sayangnya belum ada kabar juga dari Kawasaki kapan KLX230 tersedia di dealer. Beruntung buat penggemar off-road yang nggak perlu nunggu lama KLX230R tersedia di dealer.

Advertisements