• Home »
  • Article »
  • Segera Hadir Trail Tiongkok “GPX 250 XC”, Desain Ala KTM 250 XC!

Segera Hadir Trail Tiongkok “GPX 250 XC”, Desain Ala KTM 250 XC!

Brand motor asal Amerika Serikat yang melakukan produksi unit di China (Tiongkok), GPX Moto, kembali berulah dengan menambah lineup produk. Sejauh ini GPX sudah cukup sukses melalui sederet produk motor enduro 2-tak GPX TSE250R serta motor enduro 4-tak GPX FSE250R dan FSE250E. Mereka semua motor yang benar-benar siap dipakai untuk off-road. Begitu beli nggak perlu aneh-aneh modif atau mengutak-atik mesin, tapi bisa langsung tancap gas.

Dari semua produk yang dimiliki oleh GPX, yang paling fenomenal memang yang 2-tak GPX TSE250R. Kenapa? Karena kalau nggak salah memang belum ada motor trail enduro full size (untuk dewasa) produksi Tiongkok yang menggunakan mesin 2-tak. Apalagi mesin 2-tak yang dipakai oleh GPX bukanlah mesin yang ecek-ecek, melainkan membeli lisensi mesin lawas Yamaha D230 Lanza yang kemudian dinaikkan kapasitasnya menjadi 250 cc. Nggak heran kalau mesin ini cukup bertenaga, bandel, dan mudah dalam hal perawatan. Melihat GPX TSE250R yang begitu sukses di pasaran, maka GPX bakal meluncurkan satu produk lagi yang mengusung mesin 2-tak. Produk itu diberi nama GPX 250 XC!

Ngomong-ngomong soal desain, kalau GPX TSE250R mengusung desain ala motor enduro Husqvarna, bahkan plastik-plastik bodinya bisa plug and play dengan punya Husky, pada GPX 250 XC ini menembak desain motor cross-country KTM XC series yang banyak dijual di market Amerika Serikat. Temen-temen bisa perhatikan, GPX 250 XC mengusung frame tubular berwarna orange yang identik dengan milik KTM, front fender orange seperti KTM, lalu triple clamps, hub roda, hingga sprocket menggunakan warna orange anodize juga ala KTM, serta bentuk tangki dan bodywork pun bisa dikatakan mirip dengan KTM 250 XC. Karena motor ini bergenre cross-country jadi di sana kita nggak melihat adanya lampu-lampu yang terpasang. Modelnya brondolan seperti motor motocross, bukan seperti motor enduro yang paling tidak dilengkapi dengan headlight dan tail light.

Mengenai spesifikasi GPX 250 XC sepertinya nggak akan jauh berbeda dengan GPX TSE250R. Keduanya masih sama-sama menggunakan mesin 2-tak 249 cc yang kabarnya mampu memuntahkan tenaga sekitar 40 HP. Belum ada keterangan resmi apakah GPX 250 XC menggunakan gearbox atau final gear ratio yang berbeda dengan versi enduro GPX TSE250R. Tapi yang jelas suspensi sama-sama menggunakan model upside down di depan dengan merek SZC, suspensi belakang mono shock dengan linkage dari SZC, velg Enduro X Series ring dengan ukuran 1.60 x 21 (depan) dan 2.15 x 18 (belakang), dan ban off-road tulen dari CST yang sama dengan di GPX TSE250R.

Overall GPX 250 XC keren, namun bakal lebih keren lagi kalau GPX nggak nembak atau jiplak desain motor yang sudah ada dan ternama macam KTM 250 XC. Lebih baik mereka berkreasi membuat desain sendiri dan punya identitas sendiri sehingga bisa mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Motor trail Honda, Kawasaki, Yamaha, Suzuki, KTM, Husqvarna, Sherco, Beta, Gas Gas, hingga TM Racing itu semua punya ciri khas masing-masing yang unik. Apakah GPX 250 XC akan masuk ke Indonesia? Bisa jadi karena di sini ada distributor resmi GPX. Toh TSE250R dan FSE250E juga sudah dijual di Indonesia. Mungkin nanti menyusul FSE300R, FSE500R, FSE250S, dan terbuka peluang 250 XC ini!

Advertisements