• Home »
  • Article »
  • Enam Tim Factory Ramaikan Seri Kedua Rally Dunia, Silk Way Rally 2019

Enam Tim Factory Ramaikan Seri Kedua Rally Dunia, Silk Way Rally 2019

Sebanyak enam tim balap factory dengan dukungan penuh dari pabrikan bakal meramaikan seri kedua FIM Cross-Country Rallies World Championship, yaitu Silk Way Rally yang digelar selama 10 hari pada 6-16 Juli 2019. Sekedar informasi buat temen-temen, ajang balap rally dunia atau nama resminya FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019 digelar sebanyak empat seri dengan seri perdana dilaksanakan di Abu Dhabi (Abu Dhabi Dessert Challenge), seri kedua Silk Way Rally dengan tuan rumah tiga negara sekaligus antara lain Rusia, Mongolia, dan China, seri ketiga berlangsung di Chile (Atacama Rally), dan seri terakhir di Maroko (Rally Du Maroc). Para rider yang berhasil mengumpulkan poin terbanyak dari empat seri tersebut berhak menjadi juara rally dunia.

Balik lagi ngomongin Silk Way Rally, kompetisi ini bakal sangat menarik karena digelar di tiga negara sekaligus (Rusia, Mongolia, China) dalam durasi waktu yang sangat panjang seperti Rally Dakar. Bisa dipastikan persaingan di setiap stage akan sangat seru dan sulit memprediksi siapa yang berhak menjadi juara Silk Way Rally 2019. Nggak cuma itu guys, keseruan Silk Way Rally 2019 semakin lengkap karena total enam tim factory bisa dipastikan ikut ambil bagian di kompetisi ini. Keenam tim factory itu antara lain Red Bull KTM Factory Racing, Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing, Monster Energy Honda Team, Yamalube Yamaha Official Rally Team, Sherco TVS Factory Rally Team, dan Hero Motorsport Team Rally.

Sebagai pimpinan klasemen sementara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019, Red Bull KTM Factory Racing dipastikan menurunkan duet Sam Sunderland dan Luciano Benavides. Kedua rider ini sekarang menempati posisi pertama dan kedua FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019. Keduanya pun dalam kondisi fisik yang sangat prima untuk bertarung di Rusia. Belum diketahui apakah rider KTM yang lainnya seperti Matthias Walkner, Toby Price, dan Laia Sanz akan dibawa atau tidak. Kemudian Rockstar Energy Husqvarna Factory Racing kemungkinan akan terjun di Silk Way Rally dengan mengandalkan duet Pablo Quintanilla dan Andrew Short.

“Bagi para rider dan seluruh anggota tim, Silk Way Rally akan menjadi tes pertama yang sesungguhnya. Dan sejak kami memimpin kejuaraan melalui Sam Sunderland dan Luciano Benavides, kami akan menghadirkan lineup tim yang paling kompetitif saat start di Irkutsk,” ungkap Jordi Viladoms, Manajer Red Bull KTM Factory Racing.

Sementara itu Honda Racing Corporation (HRC) melalui Monster Energy Honda Team diprediksi akan mengirimkan tiga orang rider ke Silk Way Rally 2019. Mereka antara lain Kevin Benavides, Joan Barreda, dan Jose Ignacio Cornejo yang sekarang menempati posisi ketiga klasemen sementara FIM Cross-Country Rallies World Championship 2019. Pabrikan Jepang lainnya, Yamalube Yamaha Official Rally Team yang memiliki markas di Perancis dikabarkan akan bertarung dengan tiga orang rider andalan, yaitu Adrien Van Beveren, Xavier de Soultrait, dan Franco Caimi.

“Kami yakin Silk Way Rally 2019 akan menjadi tantangan luar biasa bagi tim kami karena ini untuk pertama kalinya kami menghadapi format rally seperti itu dalam konteks kejuaraan dunia. Ini juga akan menjadi momen pertama kalinya motor dan para rider kami bertarung di Rusia, Mongolia, dan China. Dan yang paling penting ini akan menjadi persiapan yang ideal dalam menghadapi Rally Dakar 2020,” ungkap Raul Castells, Manajer Monster Energy Honda Team.

“Membalap selama 10 hari dan dengan jarak sekitar 5.000 km akan menjadi tantangan yang menarik. Yamaha pernah mengikutinya di masa lampau pada balap Paris-Moscow-Beijing Rally yang dimenangkan oleh Stephane Peterhansel tahun 1992. Kami berharap para rider kami bisa mengulang sejarah brand ini di Silk Way Rally,” tutur Manajer Yamalube Yamaha Official Rally Team Jose Leloir.

Tim lain yang dipastikan ambil bagian di Silk Way Rally 2019 adalah Sherco TVS Factory Rally Team dan Hero Motorsport Team Rally. Hanya saja belum bisa dipastikan siapa saja lineup rider yang memperkuat kedua tim tersebut. Bisa jadi Sherco TVS menerjunkan Adrien Metge, Michael Metge, dan Lorenzo Santolino, sedangkan Hero mungkin mengandalkan Paulo Goncalves, CS Santos, dan Oriol Mena. Meskipun demikian, bukan mustahil lineup itu bisa berubah sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Yang jelas ajang balap rally dunia gengsinya masih berada di bawah Rally Dakar. Biasanya tim dan pembalap ikut kompetisi ini hanya sekedar untuk latihan dalam menyambut Rally Dakar.

Advertisements