• Home »
  • Article »
  • Hot News: AHRT Ikut Tampil di MXGP of Indonesia 2019, Andalkan Delvintor!

Hot News: AHRT Ikut Tampil di MXGP of Indonesia 2019, Andalkan Delvintor!

Guys… Tahu dong mengenai Astra Honda Racing Team (AHRT)? Ya, AHRT merupakan divisi balap resmi yang dimiliki oleh PT Astra Honda Motor (AHM), agen tunggal pemegang merek motor Honda di Indonesia. Selama ini AHRT cukup getol berkecimpung di ajang balap aspal. Contohnya para rider didikan AHRT diajak mengikuti ajang balap level regional hingga internasional seperti Asia Talent Cup (ATC), Asia Road Racing Championship (ARRC), Red Bull Rookie Cup, FIM CEV Moto3, European CEV Moto2, hingga salah satu pembalapnya pun dikontrak menjadi rider permanen di kelas Moto2 World Championship (MotoGP). Menariknya nih guys, mulai tahun 2019 ini AHRT mengembangkan sayapnya nggak cuma di ajang balap road race, tapi mulai merambah balap dirt bike, lebih tepatnya motocross.

Ada info masuk menyebutkan bahwa AHRT akan terjun di kelas MX2 (250 cc) pada ajang balap Motocross Grand Prix (MXGP) yang digelar di Indonesia, yaitu MXGP of Indonesia – Palembang (6-7 Juli 2019) dan MXGP of Asia – Semarang (13-14 Juli 2019). Mungkin karena baru berkecimpung, sejauh ini AHRT memang belum punya anak didik sendiri di kancah balap motocross. Namun agar tetap bisa tampil kompetitif di MXGP of Indonesia nanti AHRT mengontrak salah satu pembalap juara di ajang motocross nasional, Delvintor Alfarizi, untuk menggeber motor Honda CRF250R. Yang pasti Delvintor dan AHRT sudah masuk ke dalam list MXGP of Indonesia di Palembang akhir pekan ini.

IMHO langkah AHRT memilih Delvintor untuk menggeber CRF250R di Palembang akhir pekan nanti cukup smart. Kenapa? Karena Delvintor sudah pernah mencicipi kerasnya persaingan di kejuaraan dunia MX2 pada tahun lalu dengan hasil yang tidak terlalu buruk. Di MXGP of Indonesia (Pangkal Pinang) 2018 Delvintor masih sanggup masuk posisi 15 besar, sedangkan di MXGP of Asia (Semarang) 2018 doi finish di posisi 13 dan 12. Hasil yang cukup oke bagi pembalap lokal yang baru mencicipi ketatnya persaingan di level dunia. Oh ya, AHRT mengontrak Delvintor juga bukan karena dia juara nasional MX2 dan pernah berlaga di kejuaraan dunia MX2, tapi juga karena Delvintor pernah berlatih dan berkompetisi di level internasional seperti Australian Junior MX Championship (AJMX) dan European Championship di bawah asuhan pelatih John Van den Berk.

Mungkin temen-temen pada penasaran kenapa kok AHRT tiba-tiba pengen ikutan balap motocross? Ya mungkin juga nggak tiba-tiba. Saya yakin mereka telah merencanakan dengan matang. Sejauh ini belum ada info official kenapa AHRT tertarik ikut di ajang balap ini. Namun menurut kacamata saya, Honda di Indonesia punya beberapa varian motor trail (CRF250RALLY & CRF150L), maka dengan ikut balap motocross bisa mendongkrak sederet motor CRF yang dijual oleh AHM. Selain itu, Indonesia mendapatkan kontrak untuk menyelenggarakan MXGP selama beberapa tahun ke depan. Agak sayang kalau AHM sebagai pabrikan motor terbesar di Indonesia hanya sebagai penonton dan nggak ikut ambil bagian. Iya nggak?

Advertisements